Momentum Maulid Nabi Muhammad SAW dan HSN 2021, FEB Unisma Gelar Shalawat dan Santunan

Oct 26, 2021 16:01
Jajaran pimpinan Fakultan Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang saat berfoto bersama. (Foto: Humas FEB Unisma)
Jajaran pimpinan Fakultan Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang saat berfoto bersama. (Foto: Humas FEB Unisma)

JATIMTIMES - Pada momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah dan Hari Santri Nasional (HSN) 2021 yang jatuh pada Bulan Oktober 2021, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) gelar shalawat secara hybrid dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu. 

Acara yang dihadiri oleh jajaran pimpinan FEB Unisma ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an, shalawat nuril anwar, pembacaan maulid diba' oleh santri Pondok Pesantren Ainul Yaqin Unisma serta dilanjutkan sambutan dari Dekan FEB Unisma Nur Diana SE MSi.

Dalam sambutannya, Diana mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini untuk mengenang warisan atau peranan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Selain mewarisi Al-Quran, Hadits, dan Sunnah, mewarisi akhlak Nabi Muhammad SAW juga menjadi keutamaan.

"Pada saat yang sama peringatan Hari Santri Nasional 2021 merupakan manifestasi perjuangan para tokoh-tokoh ulama NU (Nahdlatul Ulama) beserta santrinya yang dimotori oleh KH Hasyim Asy'ari berkumpul dalam satu meja untuk meneruskan perjuangan Rasulullah SAW dalam merawat dan menjaga kehidupan beragama masyarakat," jelas Diana dalam keterangan yang diterima JatimTIMES.com, Selasa (26/10/2021).

Selain itu peringatan HSN 2021 juga untuk mengingat bagaimana perjuangan para tokoh-tokoh ulama NU dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena mencintai tanah air, memperjuangkan kedamaian tanah kelahiran merupakan bagian dari Iman.

Menurutnya, tanpa ghirah dan semangat membela negara, mustahil seseorang dianggap sempurna keimanannya. Diana menuturkan, pihaknya patut mengenang warisan dan peranan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. 

"Karena selain mewarisi Al-Qur'an dan Hadits serta mewariskan akhlak Nabi menjadi suatu keutamaan," ujar Diana. 

Dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat dijadikan sebagai momentum untuk meneguhkan kembali rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW dengan mengikuti ajarannya. "Dengan mencintai Nabi Muhammad SAW berarti kita juga mencintai Allah SWT," imbuh Diana. 

Lebih lanjut, dengan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan HSN 2021, pihaknya berharap agar insan-insan yang berada di FEB Unisma dapat melanjutkan perjuangan dan meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW 

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Dr KH Abdul Jalil MAg yang memberikan muidhoh hasanah. Dalam ceramahnya Abdul Jalil menyampaikan empat hal ajaran Rasulullah SAW yang patut kita teladani.

"Menyebarluaskan perdamaian kepada siapa pun, memberikan makan kepada siapa pun yang sedang membutuhkan, membangun silaturrahim, dan melaksanakan sholat malam secara istiqomah," ujar Abdul Jalil. 

Setelah rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan HSN 2021 yang digelar oleh FEB Unisma, acara diakhiri dengan pemberian santunan kepada anak yatim piatu yang merupakan sebagai bentuk rasa syukur FEB Unisma kepada Allah SWT.

Topik
Maulid Nabiunisma malangdestinasi ekspatriat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru