Buat Pelintas Lebih Nyaman, Pemkot Malang Benahi Jalan Pasar Gadang 

Oct 26, 2021 09:26
Petugas saat melakukan perbaikan jalan di Pasar Gadang Kota Malang. (Foto: Istimewa).
Petugas saat melakukan perbaikan jalan di Pasar Gadang Kota Malang. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Akses jalan di wilayah Pasar Gadang memang sempat terganggu. Lantaran, jalan untuk melintas para pengguna mengalami kerusakan. Namun, sejak Senin (25/10/2021) kemarin, sepanjang kawasan di seputar Pasar Gadang tampak diperbaiki. 

Petugas dan alat-alat berat tampak melakukan penanganan terhadap titik-titik kerusakan sepanjang koridor jalan yang cukup strategis bagi pergerakan di kawasan Pasar Gadang.

Wali Kota Malang Sutiaji mengungkapkan, perbaikan jalan menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jalan. Dalam hal ini, tak terkecuali bagi para pedagang dan pembeli di Pasar Gadang. Hal ini juga memberikan akses yang lebih mudah di pasar rakyat. Secara bertahap, Pemkot Malang terus akan melakukan perawatan dan revitalisasi di pasar-pasar yang memang butuh untuk dibenahi.

"Secara bertahap terus kita kuatkan pasar rakyat. Sembari tentunya menunggu legalitas untuk revitalisasi fisik pasar. Niat kita adalah terus bergerak menuju goal-nya kesejahteraan," ujar Sutiaji.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi menjelaskan, proses perbaikan jalan di Pasar Gadang tersebut bersifat jangka pendek. Perbaikan saat ini berfokus pada penambalan kerusakan pada ruas jalan sepanjang 155 meter dengan lebar 7 meter. Untuk pembiayaannya dialokasikan melalui APBD kegiatan pemeliharaan insidentil jalan pada tahun anggaran 2021. 

Dikatakannya, kondisi jalan di Pasar Gadang memang perlu penanganan segera demi kenyamanan maupun keamanan pengendara, utamanya jelang musim hujan. Ditargetkan, perbaikan ini selesai dalam waktu 1-2 hari ke depan. Sehingga dapat segera memberi manfaat bagi pengguna jalan.

"Untuk pembenahan jangka panjang, Dinas PUPRPKP Kota Malang akan menindaklanjuti sesuai dengan program dan kegiatan yang telah disusun dalam rencana kerja perangkat daerah," jelasnya. 

Karena itu, dalam masa perbaikan ini Diah memohon waktu dan kesabaran pengguna jalan yang terimbas macet. Pihaknya dalam hal ini juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang untuk membantu menertibkan jalannya kendaran di sekitar Pasar Gadang.

"Mohon maaf bila ada ketidaknyamanan selama proses pengaspalan. InsyaAllah kita tuntaskan secepatnya," pungkasnya.

Topik
perbaikan jalan pasar gadangsyarat tes pcrWalikota MalangDPUPRPKP Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru