Ramuan Anti Capek Berbahan Bumbu Dapur, Jahe hingga Jeruk Nipis

Oct 26, 2021 09:03
Ilustrasi (Foto: MissBloom)
Ilustrasi (Foto: MissBloom)

JATIMTIMES -dr Zaidul Akbar memang memiliki banyak ramuan herbal yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya yakni ramuan anti capek yang terbuat dari bumbu-bumbu dapur, seperti jahe, kunyit, cabe merah dan jeruk nipis. Pakar pengobatan herbal ala Rasulullah SAW ini juga mengatakan rasa minuman ramuan ini sangat enak dan segar.

Melalui akun Instagramnya @zaidulakbar, dr Zaidul membagikan resep sekaligus memperlihatkan tutorial cara membuatnya.

"Minuman ini saya sebut minuman refreshing sel-sel dalam tubuh kita alias menyegarkan sel karena kandungan yang luar biasa pada bahan-bahan yang ada yaitu Jahe, Kunyit, Cabe merah, jeruk nipis, masyaa Allah," kata dr. Zaidul Akbar.

Untuk bahan-bahan yang digunakan sebenarnya tak berbeda jauh dengan rempah yang kerap dipakai untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Bahannya cukup mudah yakni terdiri dari jahe yang sudah dicuci bersih, kunyit, cabe merah yang dipotong kecil-kecil, dan perasan air jeruk lemon.

Semua bahan itu kemudian dicampur dengan air hangat atau air suhu ruang dan didiamkan selama 15-30 menit sebelum dikonsumsi. Tujuannya agar semua kandungan bahan bisa larut dalam air sehingga manfaatnya bisa dirasakan maksimal.

Racikan ramuan ini bisa langsung diminum ataupun diberi tambahan madu secukupnya untuk membuat rasanya manis. Bisa juga menggunakan pemanis alami lainnya. Namun pastikan jumlahnya tidak berlebihan.

"Buat yang wfh, buat yang loyo-loyo, lagi ga tenaga badannya, lagi males-malesan, lagi bete-betean dan mood ga jelas, ramuan ini bagus banget ada di meja kerja Anda, termasuk yang lagi flu, batuk," kata dr. Zaidul Akbar.

Untuk diketahui, kandungan jahe, kunyit dan antioksidan dari cabe serta mineral dalam jeruk nipis dapat membantu meningkatkan tenaga.

Berikut resep lengkap ramuan anti capek ala dr Zaidul Akbar yang bisa kalian buat di rumah:

Bahan
1 ruas jari jahe, cuci bersih dan potong-potong
3 ruas jari kunyit, cuci bersih dan potong-potong
1 buah cabe merah, buang bijinya
1/4 jeruk lemon, peras airnya

Cara membuat:
1. Ambil air hangat atau air suhu normal lalu campurkan semua bahan,
2. Diamkan selama kurang lebih 15-30 menit sampai semua bahan larut. Saring airnya,
3. Tambahkan madu lalu minum segera.

Topik
resep ramuan anti capekresep anti loyocara membuat ramuan anti capekjalan pasar gadang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru