FTP UB Luncurkan Aplikasi Marketplace Mahasiswa Pertama di Indonesia

Oct 25, 2021 18:34
Screenshot gambar aplikasi ABC E-Mart FTB UB (Ist)
Screenshot gambar aplikasi ABC E-Mart FTB UB (Ist)

JATIMTIMES - Mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) meluncurkan aplikasi marketplace mahasiswa pertama di Indonesia. Aplikasi tersebut bernama ABC E-Mart.

Wakil Dekan III FTP UB Bidang Kemahasiswaan, Yusuf Hendrawan menjelaskan, marketplace ini merupakan marketplace yang pertama dibuat dan dikhususkan untuk mahasiswa. 

1

"Kalau yang dikhususkan untuk dosen mungkin ada, tapi kalau yang dikhususkan untuk mahasiswa ini baru pertama," jelasnya.

Latar dibuatnya aplikasi ini, pihaknya ingin memberikan wadah mahasiswa bagi produk-produk mahasiswa untuk bisa dikomersilkan khusus. Sehingga dibangunlah sebuah aplikasi bernama ABC E -Mart.

"Aplikasi ini diinisiasi oleh adik-adik organisasi kewirausahaan. Jadi masih dalam semangat UB menjadi tuan rumah kewirausahaan mahasiswa Indonesia, masih dengan semangat visi UB untuk menjadi world class entrepreneur university dan juga terkait MBKM," jelasnya.

Dilanjutkannya, ABC E-Mart nantinya akan menyerap produk-produk berbasis teknologi yang dihasilkan mahasiswa. Developer nantinya mengontrol, dimana pengelola adalah mahasiswa dengan menerima produk-produk seluruh mahasiswa dan customer utamanya ketika dipasarkan juga adalah mahasiswa.

"Kita ingin menggelorakan cintai produk mahasiswa. Makanya kita buat marketplace yang bener-bener didevelop oleh mahasiswa, dikelola oleh mahasiswa dan nanti ditujukan untuk seluruh mahasiswa Indonesia," paparnya.

Dalam launching ini, pada ABC E Mart, masih terdapat 12 produk yang ditampilkan. Namun ke depan, aplikasi tersebut akan terus dikembangkan untuk bisa menampilkan lebih banyak lagi produk. Termasuk juga kerjasama dengan bank maupun dengan pihak ekspedisi.

2

Direktur ABC, Moch Rofiul Qorni, menjelaskan, terbentuknya ABC E-Mart ini melalui proses riset yang dimulai sekitar bulan Maret. Setelah itu, pada April dilanjutkan dengan pembuatan aplikasi. Dalam tim terdiri dari Rosevia Galuh Faradila, Rosdy Yanty, Rian Setia Budi, dan Khalif Zulfi Haidar.

Tak berhenti disini, ke depan, aplikasi ini akan terus dikembangkan. Khususnya untuk para penguna iPhone. "Saat ini aplikasi sudah bisa download di Playstore. Sementara untuk pengguna iPhone masih dalam tahap pengembangan," pungkasnya.

Topik
market placeUniversitas BrawijayaBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru