Seleksi CASN Kemenag 2021, UIN Malang Prioritaskan Isi Formasi di Fakultas Teknik

Oct 25, 2021 16:30
Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK), Mahfudz Shodar (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK), Mahfudz Shodar (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negera (CASN) Kementerian Agama (Kemenag) digelar di dua titik. Salah satunya di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. 

Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan (AUPK), Mahfudz Shodar menjelaskan, jika pada seleksi tersebut, juga terdapat kebutuhan formasi pegawai atau Aparatur Sipil Negara (ASN) pada UIN Maliki Malang

Kebutuhan tersebut, nantinya untuk mengisi Fakultas Teknik dengan empat prodi yang akan dibangun di Kampus 3. "Oleh karena itu pada saat ini, kebutuhan prioritas untuk Fakultas Teknik yang akan kita buka," jelasnya Senin (25/10/2021).

Lebih lanjut dijelaskannya, mengenai kuota yang dibutuhkan, dalam rekrutmen mengisi formasi di Fakultas Teknik dengan empat prodi, pihaknya belum bisa menjelaskan secara detail. Akan tetapi, untuk dosen minimal 6 orang pegawai status ASN. 

"Minimal 6, kalau begitu kan 6 kali 4 ada 24 minimal itu untuk dosennya. Yang lain untuk karyawan. Insyallah mulai 2023 mulai menerima mahasiswa teknik," terangnya.

Sementara itu, pihaknya juga menyampaikan, UIN Maliki Malang akan mendapatkan bantuan dari Saudi Fund for Development (SFD). Untuk itu sebagai salah satu syaratnya, harus membuka Fakultas Teknik dengan empat prodi, diantaranya teknik Sipil, Teknik Mesin dan Teknik Pertanian.

"Penerima bantuan harus membuka empat Prodi teknik tadi. Itu memang syarat," jelasnya.

Syamsul Ni'am, Kasubag Kepegawaian Kanwil Kemenag Jatim menyampaikan, jika formasi pada perguruan tinggi, kebanyakan untuk memenuhi kebutuhan dosen. Di Jatim sendiri, terdapat 8 Satuan Kerja (Satker) Kemenag, dimana 7 Satker merupakan perguruan tinggi dan 1 Kanwil.

"Formasinya masing-masing untuk perguruan tinggi rata-rata dosen, kalau Kanwil, pegawai Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) Penghulu," tambahnya.

Topik
Fakultas TeknikUIN Maliki MalangUIN MalangKota MalangBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru