Wali Kota Batu Tetapkan Oktober hingga April Sebagai Bulan Siaga Bencana

Oct 25, 2021 15:31
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melihat kondisi peralatan di halaman Mapolres Batu, Senin (25/10/2021). (Foto: Istimewa)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat melihat kondisi peralatan di halaman Mapolres Batu, Senin (25/10/2021). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko telah menetapkan Oktober hingga April mendatang sebagai bulan siaga bencana. Mengingat Kota Batu dengan bentang kondisi alamnya memiliki potensi kerawanan terhadap berbagai ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Mengantisipasi adanya bencana alam di Kota Batu saat musim penghujan, memang perlu adanya koordinasi dan sinergitas antar pemerintah daerah juga forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda). Untuk menunjang kesiapan itu, beberapa sarana dan prasarana sudah disiapkan untuk mengantisipasi kejadian dalam penanggulangan bencana alam.

Hal tersebut diungkapkan Dewanti saat Apel Siaga Bencana 2021, di halaman Mapolres Batu, Senin (25/10/2021). Dalam apel itu Dewanti mengecek perlengkapan peralatan yang ada, melihat dan memastikan kondisinya sudah siap pakai.

Namun, Dewanti mengingatkan tentang perawatan dan pemeliharaan peralatan agar ketika dibutuhkan langsung siap digunakan. “Eksisting daerah kita berlembah-lembah, kondisi itu menghawatirkan. Seperti yang disampaikan ibu Gubernur, kita harus tanggap mempersiapkan,” kata Dewanti.

Dewanti juga memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mencegah banjir dengan membersihkan aliran sungai dari sampah dan ranting pohon.  Apalagi November-Januari Kota Batu akan menghadapi cuaca yang ekstrem. Biasanya, Kota Batu akan menghadapi bencana banjir dan longsor.

“Karena itu kita harus mempersiapkan diri untuk mengantisipasi, termasuk pembersihan dan penanaman pohon vetiver,” terang Dewanti. 

Sementara itu Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan mengatakan, telah menyiapkan sejumlah personel Polres Batu dalam mengantisipasi bencana di Kota Batu. Kemudian juga beberapa peralatan serta kendaraan yang disiagkan untuk mengantisipasi kejadian dalam penanggulangan bencana alam. 

“Kami (Polri) siap membangun koordinasi lintas sektor guna membantu masyarakat yang terkena dampak bencana alam," ucap Yogi.

Ia menambahkan, Polres Batu selalu siap membangun dan memelihara komunikasi dengan semua pihak. “Selalu siap membangun komunikasi lintas sektor guna membantu masyarakat atasi dampak bencana alam. Kita siap menggelar kekuatan yang bisa digerakkan sewaktu-waktu apabila terjadi bencana alam,” tambah Yogi.

Topik
Walikota Batuancaman bencana alaminsentif penghafal alquran

Berita Lainnya

Berita

Terbaru