BeFit Smart Chair, Inovasi Kursi Pintar Pencegah Sitting Disease Buatan Mahasiswa UM

Oct 25, 2021 12:30
Inovasi BeFit Smart Chair, alat pencegah sitting disease buatan mahasiswa UM
Inovasi BeFit Smart Chair, alat pencegah sitting disease buatan mahasiswa UM

JATIMTIMES - BeFit Smart Chair merupakan sebuah inovasi kursi pintar berbasis teknologi dengan implementasi sistem Internet of Things (IoT). Kursi BeFit ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan diantaranya pendeteksian postur duduk dengan adanya sensor, dan alat strider pada kaki dan tangan untuk melakukan peregangan.  Kursi BeFit ini merupakan inisiasi dari empat mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), yang terintegrasi dengan aplikasi mobile.  

Kursi BeFit ini mampu memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pekerja untuk tetap melakukan olahraga ringan di sela-sela pekerjaan mereka yang padat. Sejalan dengan salah satu konsep yang diusung dari kursi ini yaitu “Sitting with Exercise”, dengan penggunaan strider pada bagian tangan dan kaki yang praktis digunakan oleh pengguna disaat mereka ingin berolahraga saat duduk. Hadirnya inovasi ini dapat menjadi solusi dalam menjawab tantangan kebutuhan kesehatan para pekerja kantor pada umumnya di tengah Pandemi Covid-19 saat ini.  

Inovasi BeFit Smart Chair dibuat oleh inovator muda antara lain  Rafika Setyawan, Made Radikia Prasanta, Muhammad Akbar Jalal, dan Nadia Regita Ayu Cahyani. Inovasi ini merupakan salah satu bukti bahwa masih banyak generasi muda yang peduli pada bentuk preventif kesehatan bagi pekerja.

Hal yang mendasari dari pengembangan teknologi BeFit Smart Chair adalah penyakit sitting disease, yang mana merupakan penyakit yang diakibatkan duduk terlalu lama, kurang aktivitas fisik, dan postur duduk yang tidak benar. Hal itu berdampak pada kesehatan individu diantaranya nyeri punggung, gangguan muskuloskeletal (otot, sendi, dan tulang), penyakit kardiovaskular (jantung dan stroke), diabetes, obesitas, hingga kematian dini, Berdasarkan permasalahan tersebut, tim membuat suatu inovasi berupa kursi pintar yang mampu mendeteksi postur duduk dan dilengkapi alat olahraga berupa strider untuk melakukan peregangan sebagai bentuk preventif atau pencegahan penyakit sitting disease.  

Informasi yang akan diterima oleh pengguna dalam menggunakan kursi BeFit ini berupa notifikasi pada aplikasi berupa smart alarm notification and warning berkaitan dengan posisi duduk pengguna. Selain itu, adanya notifikasi bagi pengguna untuk melakukan peregangan sesuai panduan gerakan yang sudah tersedia pada aplikasi BeFit. Serta adanya fitur summary pada aplikasi BeFit yang memberikan hasil rekapan data posisi duduk pengguna dan beberapa panduan gerakan peregangan pada aplikasi.

Potensi kedepannya dalam pengembangan teknologi BeFit Smart Chair ini, Rafika dan tim berharap, alat ini bisa dikomersialisasikan serta dikembangkan bersama Dinas Ketenagakerjaan agar bisa digunakan kepada para pekerja kantoran yang saat ini sebagian terdampak Work from Home agar tetep menjaga kebugarannya untuk mencegah sitting disease.

Topik
mahasiswa umBeFit

Berita Lainnya

Berita

Terbaru