PKS Kota Malang Gelar Pendidikan Politik, Bung Edi: Berpengaruh pada Kesadaran Politik di Masyarakat

Oct 24, 2021 20:00
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat memberikan sambutan pada agenda pendidikan politik yang digelar DPD PKS Kota Malang, Minggu (24/10/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko saat memberikan sambutan pada agenda pendidikan politik yang digelar DPD PKS Kota Malang, Minggu (24/10/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang menggelar pendidikan politik yang diikuti seluruh ketua Dewan Pimpinan Ranting (DPRa) yang ada di Kota Malang. 

Turut hadir Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang juga menjadi pembicara. Kemudian Sekretaris DPW PKS Jawa Timur Ahmadi, anggota Fraksi PKS DPRD Jawa Timur Dwi Hari Cahyono, Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko, Sekretaris DPD PKS Kota Malang Trio Agus Purwono, Wakil Ketua DPRD Kota Malang Asmualik, Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang Bayu Rekso Aji, serta Ketua Dewan Etik Daerah (DED) PKS Kota Malang Hendar Weje. 

Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko.

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang akrab disapa Bung Edi mengatakan,  adanya pendidikan politik yang diberikan kepada pimpinan PKS di tingkat ranting akan berdampak pada kesadaran masyarakat terhadap politik. 

"Pembekalan pendidikan politik semacam ini, kalau dilakukan oleh seluruh partai politik, akan berdampak pada naiknya derajat pemahaman partai politik di tengah masyarakat," ungkap Bung Edi kepada JatimTIMES.com, Minggu (24/10/2021). 

Bung Edi yang juga merupakan ketua DPD Partai Golkar Kota Malang ini menuturkan, masyarakat yang sadar politik akan membuat sistem demokrasi berjalan dengan baik. Selain itu, akan berpengaruh pada peningkatan kepesertaan dan pemilih dalam pelaksanaan elektoral atau pemilu kedepan. 

Sesi foto bersama.

Lebih lanjut, PKS Kota Malang juga memiliki tagline Bersama Melayani Rakyat. Hal ini menurut Bung Edi terdapat kesamaan tujuan antara Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dengan PKS. Yakni Pemkot Malang memang memiliki fungsi melayani masyarakat.

Sehingga  adanya kesamaan tujuan antara pihak eksekutif dan partai politik akan membuat kolaborasi yang bagus demi terwujudnya ketenteraman dan kepuasan masyarakat. "Sehingga persoalan-persoalan yang muncul di masyarakat, baik masalah ekonomi, sosial, masalah infrastruktur dan sebagainya, akan semakin bagus kalau semua turut serta menangani dan memecahkan masalah ini," jelas Bung Edi. 

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kota Malang Ernanto Djoko mengatakan, adanya pendidikan politik yang diberikan kepada kader PKS Kota Malang di tingkat ranting ini akan menciptakan iklim politik yang lebih baik. 

"Semakin kondisi politik di Kota Malang baik, maka akan terwujud pemimpin-pemimpin Kota Malang yang lebih baik. Anggota dewannya juga lebih baik. Semuanya lebih baik dan mendorong citra Kota Malang lebih bermartabat," ujar Djoko. 

Pelantikan pimpinan ranting DPD PKS Kota Malang.

Kemudian dalam pendidikan politik kali ini,  PKS uga melibatkan beberapa pemateri yang berkompeten di bidangnya. Salah satunya akan menjelaskan materi tentang pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). 

"Memang salah satu materi adalah bagi teman-teman ranting harus melek APBD. Uang APBD, uang rakyat itu untuk apa, itu biar melek. Nanti itu bisa menjadi pembelajaran," kata Djoko. 

Nantinya akan tercipta masyarakat yang berintegritas dan berwawasan luas. Selain itu, jika memiliki aspirasi, akan lebih memahami substansi yang disampaikan kepada Pemkot Malang melalui jajaran legislatif, dalam hal ini para anggota DPRD Kota Malang. 

Dengan adanya pendidikan politik ini, PKS berharap nantinya para kader di tingkat ranting akan lebih menjalankan amanahnya menjadi kader PKS.

Pemasangan pin pada pimpinan ranting di DPD PKS Kota Malang.

Dalam kesempatan yang sama, DPD PKS Kota Malang juga melantik 57 pimpinan ranting di lingkup lima DPC PKS yang ada di Kota Malang. Dengan adanya pembaharuan dalam siklus berorganisasi ini, PKS berharap agar semua bersama-sama saling turut serta untuk mewujudkan iklim politik yang lebih baik. 

"Dia harus belajar organisasi partai, dia tahu melek politik, dia tahu pengelolaan APBD, dia tahu yang mana harus siajak kerja sama. Entah lurah, babinsanya. Itu kerja sama teman-teman, sehingga menciptakan kondisi politik yang lebih baik," pungkas Djoko.

Topik
DPD PKS Kota MalangPerbaikan kampung di Kota MalangWakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru