Satgas Covid-19 Kabupaten Malang Sasar Tempat Wisata, Banyak Kendaraan di JLS Putar Balik

Oct 24, 2021 18:40
Petugas saat melakukan operasi di Wisata Lembah Indah.(foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Petugas saat melakukan operasi di Wisata Lembah Indah.(foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sejumlah tempat wisata menjadi sasaran Satgas Covid-19 Kabupaten Malang saat melakukan operasi yustisi atau operasi penegakan hukum dan pendisiplinan protokol kesehatan, Minggu (24/10/2021). 

Setidaknya ada empat lokasi yang disasar petugas. Antara lain  Wisata Lembah Indah di Kecamatan Ngajum, Waduk Karangkates di Kecamatan Sumberpucung ,dan wisata Sumber Sira di Kecamatan Gondanglegi.

Dipilihnya sejumlah tempat wisata sebagai sasaran operasi kali ini karena dikhawatirkan ada  pengunjung yang nakal dan nekat masuk ke tempat wisata. Namun, ternyata dalam operasi yustisi kali ini, semua tempat wisata yang diperiksa petugas masih taat untuk tidak beroperasi.

"Tidak ada yang ditindak karena mereka (pengelola tempat wisata) masih patuh untuk tutup," ujar Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang Bambang Istiawan, Minggu (24/10/2021). 

Selain tiga tempat wisata tersebut, petugas juga melakukan penyisiran di sekitar kawasan Jalur Lintas Selatan (JLS). Personel yang bertugas di kawasan tersebut juga melakukan operasi yang dipusatkan di simpang empat JLS menuju Pantai Balekambang. 

Personel Satgas Covid-19 Kabupaten Malang saat memeriksa kendaraan yang melintas di Kawasan JLS.(Foto: Istimewa).

Hasilnya, sejumlah kendaraan yang kedapatan akan masuk ke tempat wisata saat diperiksa petugas diarahkan untuk putar balik. 

"Ya kendaraan yang melintas kami hentikan, kami tanyai bahwa kalau mau ke tempat wisata masih ditutup. Intinya seperti itu," ujar Sekretaris Satpol PP Kabupaten Malang Firmando Hasiholan Matondang.

Dari operasi tersebut, satpol PP  mencatat ada sekitar 80 kendaraan yang diarahkan untuk putar balik. Namun, dari penyisiran di sepanjang JLS, masih dijumpai beberapa kendaraan yang berhenti untuk menikmati panorama pantai dari pinggir jalan. 

"Karena tidak masuk kawasan wisata, tidak kami tindak. Hanya saja, kami datangi untuk kami sosialisasikan prokesnya. Kami tanyai vaksinasi, Peduli Lindungi dan kami pesan agar tetap menggunakan masker," pungkas Firmando.

Topik
operasi yustisi kabupaten malangKisah pencipta lambang NUPemkab MalangBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru