Ternyata Gubernur Ganjar Hadir di Kota Malang dalam Rangka Roadshow Hetero For StartUp Season 2

Oct 24, 2021 08:44
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat hadir dalam rangkaian acara roadshow Hetero For StartUp (HFS) Season 2 di Ngalup Collaborative Network, Sabtu (23/10/2021). (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat hadir dalam rangkaian acara roadshow Hetero For StartUp (HFS) Season 2 di Ngalup Collaborative Network, Sabtu (23/10/2021). (Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Sempat viral Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang berkunjung dan menyapa para pedagang di Toko Buku Wilis serta menikmati kuliner Nasi Pecel di Jalan Kawi, Kota Malang, ternyata kehadirannya merupakan rangkaian roadshow Hetero For StartUp Season 2 yang digelar di Ngalup Collaborative Network, Kota Malang, Sabtu (23/10/2021).

Hal itu disampaikan oleh Head of Public Relations Hetero For StartUp (HFS) Season 2 Fibrika Ramadhan ketika dihubungi oleh JatimTIMES.com. Pihaknya mengatakan, bahwa HFS ini merupakan program yang diinisiasi langsung oleh Ganjar. Kemudian dijalankan oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang berkolaborasi dengan beberapa pihak.

"Ada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jateng, Sampoerna Untuk Indonesia, Hetero Space dan Impala Network," ujar Fibri kepada JatimTIMES.com, Minggu (24/10/2021) melalui saluran telepon.

HFS sendiri merupakan ajang kompetisi wirausaha yang diinisasi oleh Ganjar dan bertujuan untuk untuk memberdayakan generasi muda yang memiliki kemauan, keinginan dan keyakinan dalam menemukan serta mengubah permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat sekitar menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Dalam HFS Season 2 ini pihaknya akan mengandeng beberapa local partner, diantaranya Ngalup Collaborative Network (Malang), Satu Atap Coworking (Surabaya), Cah Angon (Ngawi), Innocircle Initiative (Banyumas), Solo Next Startup (Solo), Perspektif (Bogor), The Greater Hub (Bandung) dan Innovative Academy UGM (Yogyakarta).

Kegiatan roadshow HFS season 2 yang bertempat di Ngalup Collaborative Network diselenggarakan 23 Oktober 2021 dengan tajuk kegiatan "Validasi Ide Bisnis, Penting Nggak Sih?" bersama Feshia Wijaya yang merupakan Co Founder, Chief Design & Operating Officer @kausa.id; Miftah Mizwar yang merupakan CEO @trakteer.id; serta Kirana Aisyah yang merupakan Relations Associate Ngalup.co.

Dengan mengusung Local to Global Brand: Creative Problem Solving Base on Local Wisdom, program ini diharapkan mampu menjadi benchmark scaling up UKM dan startup lokal dengan membentuk ekosistem kewirausahaan yang berkelanjutan dalam akses pendampingan bisnis, permodalan atau pembiayaan dan pemasaran.

"Pak Ganjar Pranowo turut hadir dan lebih banyak ngobrol, memberikan semangat dan motivasi langsung kepada teman-teman startup dan brand lokal yang ada di Ngalup, Malang," ujar Fibri.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berdiskusi dengan para pegiat startup dan UMKM Kota Malang.

Terkait dipilihnya Kota Malang sebagai kota tujuan kedua setelah Kota Semarang untuk roadshow HFS Season 2 ini Fibri menyampaikan karena dari Impala Network memiliki jaringan yang tergabung dalam Co Working Indonesia yakni Ngalup Collaborative Network.

Selain itu pihaknya juga memahami perkembangan startup dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang sangat menggeliat. Terlebih lagi disaat pandemi Covid-19 ini, pelaku-pelaku startup dan UMKM terus berupaya berkarya serta menunjukkan eksistensinya.

"Makanya Pak Ganjar juga membela-belain untuk hadir, karena memang Malang itu salah satu kota yang memiliki ciri khas. Ibaratnya kalau di Bandung kan pusatnya, kalau di Jawa Timur ini Malang yang menjadi salah satu kota yang memiliki kreativitas yang tinggi," jelas Fibri.

Setidaknya dalam acara roadshow HFS Season 2 di Kota Malang dan bertempat di Ngalup Collaborative Network yang dihadiri langsung oleh sang inisiator yakni Ganjar Pranowo, dihadiri oleh 30 orang peserta offline dan 100 orang peserta yang mengikuti secara daring atau online.

Hal itu mengingat pandemi Covid-19 belum usai dan sebagai upaya untuk melakukan pencegahan persebaran Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan. Terlebih lagi Kota Malang saat ini masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Lebih lanjut, untuk ajang kompetisi wirausaha ini dibuka untuk umum bagi seluruh masyarakat di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk agenda roadshow, akan dilakukan di beberapa provinsi yang ada di Pulau Jawa. Seperti Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Barat.

"Roadshownya sementara hanya di Jawa, tapi kedepannya roadshownya cakupannya lebih luas lagi, bahkan sampai Sumatera, Bali, bahkan sampai Papua," terang Fibri.

Sementara itu, Fibri juga mengingatkan bagi para talenta bisnis yang ingin mengembangkan startup dengan dibimbing oleh mentor berkompeten, mendapat berbagai manfaat hingga berkesempatan untuk memperoleh pendanaan Rp 100 juta. Segera daftarkan tim melalui hfs.hetero.space/daftar/, sebelum tanggal 29 November 2021.

Topik
Ganjar Pranowobuah surga

Berita Lainnya

Berita

Terbaru