Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Ini yang akan Dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Malang

Oct 23, 2021 20:08
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Victor Sembiring.(Foto:Riski Wijaya/MalangTIMES).
Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Victor Sembiring.(Foto:Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dinas Perikanan Kabupaten Malang berupaya untuk bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan di Kabupaten Malang. Terutama nelayan yang berada di Kampung Nelayan di pesisir Kabupaten Malang. Ada sejumlah rencana yang akan dilakukan Dinas Perikanan untuk mewujudkan hal tersebut. 

Upaya tersebut adalah mendukung nelayan dengan melakukan hibah berupa sarana dan prasaran (sarpras) menangkap ikan. Seperti perahu, mesin kapal hingga cooler box atau tempat menyimpan hasil tangkap ikan yang ditaruh di kapal nelayan. 

"Itu untuk kelengkapan nelayan agar bisa meningkatkan hasil tangkapan," ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Victor Sembiring, Sabtu (23/10/2021).

Selain itu, pihaknya juga berupaya untuk membantu pemasaran. Salah satunya dengan mengoptimalkan fungsi tempat pelelangan ikan (TPI). Rencananya, Dinas Perikanan juga akan kembali mendirikan TPI di beberapa titik yang telah dikenal sembagai sentra nelayan di Kabupaten Malang. 

"Saat ini kan untuk TPI baru ada satu di TPI (Pondok Perikanan) Pondok Dadap. Rencananya akan didirikan lagi beberapa TPI di sentra nelayan," imbuh Victor. 

Hal lain yang juga akan dilakukan adalah mendorong petani agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan melakukan diversifikasi. Atau, memvariasikan usaha, produk, investasi, jenis aset, dan sebagainya guna mengurangi risiko.

Beberapa hal akan dilakukan dalam upaya tersebut. Seperti terkait pengolahan hasil tangkapan agar punya nilai jual yang lebih tinggi. Selain itu menurutnya, akan menjadi nilai plus jika nelayan hingga punya produk khas hasil olahan. 

"Seperti yang sudah terkenal itu sate tuna di (pantai) Kondangmerak. Atau juga ada ikan asap (pantai) Bajulmati, bahkan juga mungkin produk khas Pansela Malang misalnya," terang Victor. 

Upaya diversifikasi selanjutnya adalah pemberdayaan Kampung Garam. Dimana menurut Victor, saat ini sedang dalam proses pembangunan. Victor menyebut, lokasi yang akan ditempatkan Kampung Garam adalah di Pantai Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. 

"Jadi rencananya nanti, nelayan selain bekerja menangkap ikan, mereka juga bisa diverisfikasi usaha dengan tambak garam atau Kampung Garam, jadi mereka pelaku usaha garam rakyat," pungkas Victor.

Topik
Dinas Perikanan Kabupaten MalangVictor SembiringNelayan

Berita Lainnya

Berita

Terbaru