Lebihi Target, Progres Pembangunan MCC Capai 31,54 Persen

Oct 23, 2021 15:10
Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Sahabudin (Foto: Dokumentasi MalangTIMES)
Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Sahabudin (Foto: Dokumentasi MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pembangunan Malang Creative Center (MCC) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP), terus berjalan. Terkini, progress pembangunan megaproyek itu sudah menyentuh angka lebih dari 30 persen.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya, Sahabudin menjelaskan, jika pembangunan MCC berprogres positif, meskipun sempat sedikit terkendala oleh cuaca. 

"Untuk MCC progres per tanggal 22 Oktober mencapai 31,54 persen," jelasnya saat dihubungi melalui sambungan WhatsApp, Sabtu (23/10/2021).

Wahab menjelaskan jika hujan deras yang sempat mengguyur Kota Malang beberapa hari lalu memang cukup berpengaruh pada proses pembangunan. Utamanya saat proses pengecoran dilakukan. Sehingga, proses pengecoran sempat ditunda hingga hujan benar-benar reda. 

Sebab, jika tetap memaksakan untuk melakukan pengecoran, maka hal tersebut justru akan mengurangi kualitas dari beton. Campuran air, semen akan bercampur dengan air hujan, sehingga hal itu bisa kualitas mutu beton.

"Jadi kami tunda hingga hujan selesai," jelasnya.

1

Disampaikannya juga, jika progres pembangunan memang mengalami progres yang positif, yakni lebih cepat dari rencana, sekitar 5 persen.

Sementara itu, seperti diketahui, pembangunan gedung pusat kegiatan ekonomi kreatif ini menelan anggaran sekitar Rp 100 Miliar. Anggaran tersebut dialokasikan dua tahap. Pada tahap pertama pembangunan di 2021, dialokasikan anggaran sebesar Rp 25 Miliar.

Kemudian pada tahap selanjutnya, pada 2022, pembangunan berlanjut dengan alokasi Anggaran Pengeluaran dan Belanda Daerah (APBD) Kota Malang dengan besaran Rp 75 Miliar. Sehingga, dengan begitu, total anggaran sebesar Rp 100 Miliar.

Topik
Malang Creative CenterKota MalangDPUPRPKP Kota MalangBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru