Keren, Perpustakaan Unisma Raih Akreditasi A

Oct 23, 2021 10:58
Slaah satu sudut lokasi perpustakaan Unisma.(istimewa)
Slaah satu sudut lokasi perpustakaan Unisma.(istimewa)

JATIMTIMES - Kabar menggembirakan untuk civitas Universitas Islam Malang (Unisma). Sebab, Perpustakaan Unisma meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (LAP- PNRI). 

Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi mengatakan, hasil evaluasi lembaga akreditasi perpustakaan menetapkan bahwa Perpustakaan Unisma menunjukkan kesesuaian terhadap standar nasional perpustakaan. "Perpustakaan Unisma dapat nilai akreditasi A," jelasnya.

Penilaian atau evaluasi oleh tim akreditasi dilakukan pada semua hal, baik dari sisi sarana prasarana hingga proses atau menajemen pengelolaan perpustakaan. "Jadi, penilaiannya dilihat dari sisi manajemen, dari sisi SDM, dilihat dari sisi koleksi buku, termasuk juga dilihat dari minat mahasiswa untuk memanfaatkan perpustakaan," ungkapnya.

Ditambahkan, literasi dari luar hingga kajian-kajian yang dilakukan Unisma turut menjadi salah satu bagian yang tak terpisahkan untuk penilaian perpustakaan Unisma oleh lembaga sertifikasi perpustakaan nasional.

1

"Termasuk jejaring-jejaring dengan perguruan tinggi serta jejaring dengan perpustakaan daerah maupun nasional juga menjadi penilaian," tambahnya.

Dan kian membanggakan lagi, diraihnya akreditasi A oleh Perpustakaan Unisma ini hanya dengan satu kali penilaian atau evaluasi. Hal itu tentunya tak lepas dari kerja keras seluruh civitas Unisma dalam mendukung kemajuan Unisma. "Dua tiga bukan terakhir ini penilaiannya. Melalui dairng penilaiannya," tuturnya.

Perpustakaan Unisma sendiri didesain dengan memasukkan berbagi konsep yang menyenangkan dan juga selaras dengan kaum milenial. Perpustakaan ini terbentuk dari kolaborasi pengalaman-pengalaman di luar negeri. 

"Perpustakaan kita desain seperti tempat wisata sehingga menyenangkan sekali. Itu kolaborasi pengalaman dari Kanada, China, Jepang, Taiwan, Malaysia, Brunei, Singapura, Australia. Kita modifikasi sehingga terbentuklah Perpustakaan Unisma sebagai miniatur dari berbagai macam negara tadi," pungkasnya.

Topik
unisma malangAkreditasi APutri Bung KarnoBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru