Wali Kota Sutiaji: Malang Fashion Week 2021 Luar Biasa

Oct 22, 2021 20:42
Peragaan Busana di Malang Fashion Week 2021. (Foto: Youtube).
Peragaan Busana di Malang Fashion Week 2021. (Foto: Youtube).

JATIMTIMES - Pekan mode terakbar Malang Fashion Week 2021 resmi dibuka Jumat (22/10/2021) malam. Acara yang digelar di halaman Transmart MX Mall tersebut disambut penikmat fashion se-Malang Raya.

Beragam busana karya-karya terbaik dari Malang Raya, luar daerah, nasional hingga internasional mejeng dengan epic di panggung megah Malang Fashion Week yang mengusung tema 'Reborn'. Sejak siang tadi, sederet busana dari berbagai desainer telah menyambut gelaran mode termegah tersebut.

Ajang tahunan yang sudah memasuki kali keempat ini dilangsungkan secara hybrid (virtual dan juga offline), lantaran masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Masyarakat yang menyaksikan secara online bisa melalui kanal  YouTube Malang Fashion Week ( http://youtube.com/malangfashionweek ).

Project Director and Founder Malang Fashion Week, Agus Sunandar mengatakan, ajang ini sebagai salah satu bentuk memberikan fasilitas bagi pelaku industri fashion dan UMKM, khususnya dari Kota Malang di tengah penanganan Covid-19 untuk tetap bisa survive dan meningkat.

"Bahagia banget hari ini kita bisa kembali merasakan atmosfir sebuah kegiatan fashion. Ini juga salah satu bentuk memberi ruang bagi pelaku industri kreatif dan UMKM untuk bertahan dan kembali bangkit bersamaan dengan mulai membaiknya kondisi perekonomian pasca pandemi dan resesi," ungkap Agus Sunandar.

Dalam kesempatan ini Wali Kota Malang Sutiaji  turut hadir mengapresiasi ajang fashion termegah di Malang Raya ini. Menurutnya, sebagai kota yang dinobatkan sebagai Kota Kreatif Indonesia, fashion di Kota Malang mampu bersaing dengan dunia.

"Ini luar biasa, kalau mas Ivan Gunawan tadi bilang Jakarta kalah, karena Malang sudah mulai duluan. Artinya, ada keberanian untuk bergerak, asal protokol Covid-19 kita kuatkan," terang Sutiaji.

Diharapkannya, tagline dari Malang untuk Indonesia dan Dunia tidak hanya sekedar isapan jempol belaka, namun benar-benar bisa diwujudkan. Terlebih, Kota Malang adalah kota kreatif, dengan banyaknya insan-insan kreatif yang dinilai luar biasa.

"Malang Fashion week ini sudah yang keempat, Alhamdulillah berturut-turut luar biasa. Ayo kita lihat pergerakan luar biasa, dan kreatifitas anak-anak muda menjadi kolaborasi kita semua. Mudah-mudahan event ini akan terus berlanjut," pungkas Sutiaji.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, M Sailendra menyampaikan, Malang Fashion Week 2021 dengan mengambil tema Reborn kali ini memiliki makna tersendiri. Yakni, menjadi salah satu upaya dalam mengembangkan industri fashion dan kreatif di Kota Malang.

"Termasuk juga mempromosikan industri fashion Kota Malang dikancah nasional dan internasional, dan menjadikan Kota Malang sebagao kiblat fashion di Indonesia," tandas M Sailendra.

Untuk diketahui, event persembahan Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Malang tersebut digelar selama 3 hari berturut-turut, mulai 22-24 Oktober 2021 dengan tema yang berbeda setiap harinya. Yakni, Evening Wear pada 22 Oktober 2021,  kemudian tema Modest Wear & Kids untuk tanggal 23 Oktoner 2021, serta Urban Wear di tanggal 24 Oktober 2021.

Tak hanya menyajikan fashion show semata, banyak sederet kegiatan lain yang menyertai kegiatan ini. Mulai dari pameran produk fashion dan produk UMKM dan display artistik fashion item. Hingga berbagai perlombaan, seperti, Fashion Design Competition, Modelling Competition, Fashion Make-Up Competition, dan Face Icon.

Sederet karya terbaru dihadirkan dari 81 desainer professional dan 178 desainer muda yang berasal dari beberapa daerah. Adapun, dalam rangkaian tersebut juga menghadirkam 15 Guest Designer nasional dan internasional. Diantaranya, Ali Charisma (Bali), Sofie (Jakarta), Alben Ayub Andal (Surabaya), Ivan Gunawan (Jakarta).

Kemudian, Alfatir Muhammad (Malang), Dhany Rose (Bogor), Hannie Hananto (Jakarta), Khanaan (Jakarta), Lisa Fitria (Jakarta), Chaeralee (Jakarta), Yeti Topiah (Malang), Agus Sunandar (Malang), Aldre Indrayana (Surabaya), Ichwan Toha (Jakarta), Philip Iswardono (Yogyakarta), Lenny Agustin (Jakarta), serta dua desainer internasional yakni Zaimi Zulkafli dari Malaysia dan Gingersnap dari Prancis.

Topik
Malang Fashion WeekEvent busana bergengsiSutiajiAgus Sunandar

Berita Lainnya

Berita

Terbaru