Alun-Alun Kota Batu Mulai Dibuka, Anak-Anak Boleh Masuk asalkan ...

Oct 22, 2021 17:55
Pengunjung saat berswafoto di depan Bianglala Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pengunjung saat berswafoto di depan Bianglala Alun-Alun Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Pembukaan tempat wisata yang satu ini mungkin sudah dinanti-nanti oleh wisatawan saat datang ke Kota Batu. Yakni Alun-Alun Kota Batu.

Sekarang, seiring dengan turunnya status Kota Batu ke level 2, akhirnya Alun-Alun Kota Batu dibuka kembali oleh pemkot.

Alun-Alun Kota Batu kembali dibuka pada Jumat (22/10/2021) pukul 12.30 WIB. Tentu beberapa persyaratan menanti wisatawan yang sudah rindu menikmati Alun-Alun Kota Batu.

Untuk mempermudah pengecekan, petugas hanya membuka satu pintu utama. Bagi yang masuk, petugas akan meminta pengunjung  scan barcode aplikasi PeduliLindungi yang sudah ada di pintu masuk tersebut. Atau, wisatawan bisa menunjukkan hasil vaksin covid-19 satu/dua. Batu setelah itu pengunjung diperbolehkan  masuk.

Bukan hanya itu. Pengunjung diminta menaati peraturan yang ada di sana. Antara lain menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kesehatan, dan menghindari kerumunan).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu Aries Setiawan mengatakan, selain vaksin minimal dosis pertama dan menaati protokol kesehatan, Pemkot Batu menerapkan pembatasan kapasitas sebanyak 25 persen. “Pengunjung yang bisa masuk ke Alun- ALun Kota Batu sebanyak 250 orang atau 25 persen dari kapasitasnya sebanyak seribu orang,” kata Aries.

Kemudian, anak- anak usia di bawah 12 tahun diperbolehkan masuk. Tetapi tetap harus didampingi oleh orang tua saat berada di alun-alun.

Kabar baiknya lagi, pengunjung sudah boleh menikamati wahana bianglala atau ferris wheel. Tapi, tetap harus membayar dan mengantre terlebih dahulu.

Hanya,  sama seperti selama pandemi covid-19, pintu keuar dan masuk hanya dibuka satu pintu. Sehingga pengunjung harus tertib saat ingin masuk, di dalam, maupun akan keluar dari Alun-Alun Kota Batu.

“Diharapkan pengunjung untuk tidak membawa makan dan minum ke taman alun-alun,” ucap mantan camat Batu ini. "Tetap menjaga kebersihan, tidak merokok dan membuang sampah sembarangan atau dapat menggunakan fasilitas yang telah disediakan, dan menjaga prokes,” inbuh Aries.

Topik
Alun alun Kota BatuHari Santri di MadiunPemkot Batuberita kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru