Facebook Bakal Ganti Nama pada Hari Sumpah Pemuda, Berikut Bocorannya

Oct 22, 2021 16:49
Facebook (Foto: Milenio)
Facebook (Foto: Milenio)

JATIMTIMES - Facebook dikabarkan berencana mengganti nama perusahaannya dalam waktu dekat. Dilansir melalui The Verge, menurut sumber, rencana ini dikabarkan akan dilakukan pekan depan, tepatnya 28 Oktober,  saat konferensi tahunan Connect. Di Indonesia, 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Perubahan tersebut mencerminkan fokus perusahaan pada pembangunan metaverse. Rencana itu juga bisa terungkap lebih cepat dan dimaksudkan menjadi penanda ambisi Facebook dikenal lebih cepat. 

Adanya perubahan ini kemungkinan akan memosisikan Facebook menjadi salah satu dari produk di bawah perusahaan induk. Perihal kabar ini, seorang juru bicara enggan untuk memberikan komentarnya.

Hingga kini, belum ada informasi soal nama baru Facebook. Hanya, ada kemungkinan nama tersebut akan berhubungan dengan Horizon, nama versi VR facebook-meets-Roblox yang sampai saat ini belum dirilis.

Sejak beberapa waktu terakhir, diketahui jika Facebook dan bosnya, Mark Zuckerberg, kepincut dunia metaverse yang disebut seperti versi sempurna dari virtual reality. Metaverse tidak menggunakan komputer, namun dengan headset untuk masuk ke dunia virtual dan terhubung dengan peralatan digital.

Perusahaan juga memiliki lebih dari 10 ribu karyawan untuk membangun hardware konsumen seperti kacamata AR. Zuckerberg meyakini perangkat tersebut akan tersedia di mana-mana layaknya smartphone.

"Dalam beberapa tahun ke depan, kami akan secara efektif bertransisi dari orang-orang yang melihat kami sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse," kata Zuckerberg pada Juli lalu.

Perubahan ini bisa berfungsi lebih untuk memisahkan pekerjaan futuristik dari pengawasan ketat Facebook dan menjadi cara platformnya beroperasi.

Sementara, kepada Wall Street Journal, Frances Haugen yang merupakan seorang whistle blower dan mantan karyawan Facebook telah membeberkan sejumlah dokumen internal. Ia bersaksi di hadapan kongres untuk masalah ini.

Perusahaan juga sedang diupayakan dipecah oleh regulator anti monopoli di AS dan tempat lain. Serta kepercayaan publik atas bisnis Facebook juga telah jatuh.

Perubahan nama pada sebuah perusahaan sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Google melakukan reorganisasi di bawah perusahaan Alphabet pada 2015 yang menandakan perusahaan bukan hanya soal mesin pencari.

Selain itu, Snapchat berganti menjadi Snap Inc dan tahun 2016 menyebut sebagai perusahaan kamera dan kacamata kamera Spectacles yang telah debut saat itu.

Topik
FacebookTokoh santriMark Zuckerberg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru