Gebyar Malang Fashion Week 2021 Dimulai, Sederet Desainer Pamer Busana Super-Epic

Oct 22, 2021 15:43
Salah satu busana yang dipamerkan dalam ajang Malang Fashion Week 2021, Jumat (22/10/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Salah satu busana yang dipamerkan dalam ajang Malang Fashion Week 2021, Jumat (22/10/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Busana-busana epic dipamerkan dalam ajang Malang Fashion Week 2021. Gelaran yang bakal berlangsung selama tiga hari ke depan sejak Jumat (22/10/2021) hingga Minggu (24/10/2021) mendatang di Transmart MX Mall itu menjadi ajang yang tentunya cukup dinantikan pecinta fashion di Malang Raya.

Pada hari pertama ini, fashion-fashion buatan anak sekolah hingga desainer ternama tampil mulai pukul 13.00 hingga malam nanti. Berbeda dari tahun sebelumnya, event yang sudah digelar kali keempat ini dilangsungkan secara hybrid (online dan offline).

Hal ini karena kondisi pandemi covid-19 yang masih berlangsung. Sehingga, pelaksanaan tetap dalam pembatasan dan protokol kesehatan yang ketat.

"Tahun lalu kami gelae secara virtual. Tapi kali ini digelar secara hybrid dengan menerapkan protokol kesahatan. Jumlah penonton juga sangat terbatas. Sehingga masyarakat dapat menyaksikan secara online melalui kanal YouTube Malang Fashion Week ( http://youtube.com/malangfashionweek )," ujar Project Director and Founder Malang Fashion Week Agus Sunandar kepada MalangTIMES.

Dalam ajang kali ini, Malang Fashion Week mengusung tema 'Reborn' yang memiliki makna lahir kembali. Hal ini sebagai simbol kembalinya semangat dan rasa optimisme untuk terus berkarya kreatif, inovatif dan produktif, terlebih dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi covid-19.

Pada hari pertama ini, tema yang diusung dalam peragaan busana atau fashion sow bertema Evening Wear. Sementara, pada 23 Oktober 2021 mengusung tema Modest Wear & Kids dan 24 Oktober 2021 dengan tema Urban Wear.

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk memberikan fasilitas bagi pelaku industri fashion dan UMKM, khususnya dari Kota Malang di tengah penanganan covid-19.

"Ini salah satu bentuk memberi ruang bagi pelaku industri kreatif dan UMKM untuk bertahan dan kembali bangkit bersamaan dengan mulai membaiknya kondisi perekonomian pasca-pandemi dan resesi," terang Agus Sunandar.

Dalam kesempatan ini, salah satu guest star dari Bali yakni Ali Charisma yang juga akan unjuk busana malam nanti menyampaikan apresiasinya dengan gelaran Malang Fashion Week 2021 ini. Mengingat, program ini telah tertunda beberapa bulan lalu tapi akhirnya bisa terealisasi  Oktober ini.

Desainer yang saat ini tengah mengusung konsep sustainable fashion tersebut memiliki keinginan besar dalam dunia fashion tanah air. Sejatinya, agar lebih banyak desainer-desainer lain yang turut mengambil konsep sebagai bentuk ramah lingkungan.

"Malang Fashion Week sangat luar biasa. Banyak mengambil dari pendidikan sampai industri, mulai mendidik pemula, dari awal SMK, desainer hingga nengundang desainer nasional dan internasional," ungkapnya.

Event persembahan Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Malang tersebut tak hanya menyajikan fashion show semata, namun juga banyak kegiatan yang menyertai. Mulai dari pameran produk fashion dan produk UMKM dan display artistik fashion item. Antara lain fashion design competition, modelling competition, fashion make-up competition, dan face icon.

Selain Ali Charisma, dalam Malang Fashion Week 2021 bakal dihadirkan karya terbaru dari 81 desainer profesional dan 178 desainer muda yang berasal dari beberapa daerah. Adapun 15 guest designer nasional dan internasional lainnya yang berpartisipasi, yaitu Sofie (Jakarta), Alben Ayub Andal (Surabaya), Ivan Gunawan (Jakarta).

Kemudian, Alfatir Muhammad (Malang), Dhany Rose (Bogor), Hannie Hananto (Jakarta), Khanaan (Jakarta), Lisa Fitria (Jakarta), Chaeralee (Jakarta), Yeti Topiah (Malang), Agus Sunandar (Malang), Aldre Indrayana (Surabaya), Ichwan Toha (Jakarta), Philip Iswardono (Yogyakarta), Lenny Agustin (Jakarta), serta dua desainer internasional, yakni Zaimi Zulkafli dari Malaysia dan Gingersnap dari Prancis.

Topik
Malang Fashion WeekEvent busana bergengsiMenteri Koperasi dan UMKM Teten MasdukiBerita Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru