Makin Ramah untuk Pejalan Kaki, 3 Titik Pedestrian Kota Malang Direvitalisasi

Oct 22, 2021 11:09
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Fasilitas publik terus dioptimalkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk kemudahan warganya. Salah satunya, pedestrian bagi para pejalan kaki. Untuk semakin menambah ruang yang lebih luas dan ramah pejalan kaki, 3 titik pedestrian dilakukan revitalisasi. Yakni, Jl Langsep Kelurahan Bareng, Jl Bandung Kelurahan Penanggungan dan Jl Suropati Keurahan Klojen. 

Kepala Dinas Pekerjaaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusuma Dewi mengatakan, anggaran yang digunakan untuk revitalisasi 3 titik pedestrian tersebut totalnya senilai Rp. 4.200.929.000,00 (Rp 4,2 miliar).

pedestrian-03-01086f57ef1ee9afb6.png

"Totalnya Rp 4,2 miliar, untuk Jl Bandung dengan HPS (Harga Perkiraan Sendiri) Rp. 2,2 miliar, Jl Suropati dengan HPS Rp. 1,8 miliar dan yang Jl Langsep HPS-nya Rp. 1,1 miliar," ujarnya.

Dijelaskannya, meski belum ada kendala serius di lapangan, pembangunan pedestrian-pedestrian tersebut untuk menjadikan kawasan menjadi nyaman dan aman bagi masyarakat. Seperti, pedestrian Jl Suropati dan Jl Langsep, revitalisasi dilakukan guna memberikan akses bagi pejalan kaki agar lebih nyaman dan tidak terganggu.

"Kalau pedestrian yang di Jl Bandung untuk menormalisasi saluran di bawah pedestrian," jelasnya.

Dikatakan Diah, proses tender untuk revitalisasi 3 titik pedestrian telah tuntas sejak September 2021 lalu. Saat ini, pihaknya tengah menunggu prosesnya penyelesaian perhitungan MC-0 (Mutual Check Awal). Termasuk, menunggu kedatangan pemesanan Box Culvert.

"Masih menunggu Box Culvert dari suplier," terangnya.

Meski begitu, proses pengerjaan revitalisasi pedestrian tersebut ditargetkan tuntas di akhir 2021 ini. Sehingga, bisa segera difungsikan oleh warga Kota Malang.

"Paling tidak, pada minggu terakhir Desember lah, tanggal 28-29 Desember 2021 ini selesai. Jadi masyarakat bisa lebih aman dan nyaman, termasuk penyandang disabilitas," tandasnya.

Topik
bantuan pkl dan warungpedestrian kota malangDPUPRPKP Kota Malangberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru