Mengapa Allah SWT Menunda Doa Seseorang yang Rajin Berdoa? Berikut Penjelasannya

Oct 22, 2021 09:35
Ilustrasi (Foto: Muslim Aid)
Ilustrasi (Foto: Muslim Aid)

JATIMTIMES - Berdoa merupakan cara yang bisa dilakukan untuk meminta atau memohon segala sesuatu kepada sang pencipta yaitu Allah SWT. Tentunya, banyak hal yang dapat diminta oleh seorang hamba kepada Allah SWT. Sebut saja seperti minta dimudahkan rezeki, dilancarkan kehidupan, selalu diberi kesehatan, meminta untuk dilancarkan rencana hidupnya, dan masih banyak lainnya. 

Namun tetapi, ketika seorang hamba rajin berdoa dan meminta, Allah SWT justru sering menunda doa yang kita panjatkan. Ternyata hal itu ada alasannya. 

Bahkan, sebagai manusia kita kerap kali bertanya-tanya atau berada di posisi mempertanyakan mengenai doa yang dipanjatkan. Doa yang tidak segera dikabulkan akan menimbulkan perasaan yang gelisah. 

Bahkan juga menyebabkan rasa sedih karena doa yang dipanjatkan belum juga menjadi kenyataan. Berikut penjelasan tentang mengapa Allah SWT tidak langsung atau menunda doa yang kita inginkan, padahal kita rajin berdoa. 

Dikutip melalui penjelasan Ustaz Khalid Basalamah di akun Instagram @kajianustadzkhalidbasalamah menjelaskan bahwa Nabi SAW pernah mengatakan bahwa,

"Kalau Allah mendengar doa indah dari seorang hamba, Allah sengaja memperlambat jawabannya,"

Itu berarti bukannya Allah SWT tidak memberi jawaban pada doa seseorang. Oleh sebab itu janganlah berhenti untuk berdoa, karena Allah pasti akan mengabulkannya. Kendati demikian, Allah sengaja menerlambatkannya agar hamba itu tetap berada dalam doanya.

Jadi, bayangkan saja saat kita sedang sakit dan memuji Allah lalu berdoa agar diberi kesembuhan dan tiba-tiba menjadi sembuh. Yang menjadi pertanyaan, apakah masih akan berdoa?

Namun jika Allah menunda mengabulkannya dalam 2 hari, 3 hari, seminggu, setahun, maka Anda harus yakin pada sebuah hadits Nabi SAW yang berbunyi: 

"Tidak ada seorang muslim yang berdoa di muka bumi kecuali diijabah oleh Allah SWT," (Hadits Riwayat Imam Muslim).

Untuk diketahui, dikabulkannya doa seorang hamba akan melalui 3 tahapan yaitu langsung diberikan, atau dihilangkan musibah yang akan menimpa, atau dia panen dalam bentuk pahala yang akan diterima pada hari kiamat.

Topik
penerima bantuan pkhBerita Agama

Berita Lainnya

Berita

Terbaru