Ribuan Wisatawan Mulai Padati Wisata Kota Batu

Oct 21, 2021 19:48
Wisatawan saat berwisata di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wisatawan saat berwisata di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Kota Batu masuk level 2. Dengan demikian seluruh tempat wisata di Kota Batu sudah diperbolehkan buka semua. Sejumlah tempat wisata di Kota Batu ini pun dibanjiri wisatawan.

Pemandangan itu tidak hanya terlihat pada hari libur tapi, juga pada hari kerja Kamis (21/10/2021). Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu ini bisa dilihat pada antrean di loket pintu masuk Taman Rekreasi Selecta.

Mulai dari antrean kendaraan roda dua hingga empat. Namun wisatawan sebelum masuk terlebih dahulu dicek oleh petugas melalui aplikasi peduli lindungi. Bagi mereka yang sudah vaksin diperbolehkan untuk membeli tiket masuk.

Setidaknya dalam sehari 2 ribu pengunjung sudah mulai masuk Taman Rekreasi Selecta. Pengunjung tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak.

“Anak usia di bawah 12 tahun sudah boleh masuk, itu yang paling penting karena banyak wisatawan kesini,” kata Direktur Taman Rekreasi Selecta, Sujud Hariadi. Sebab sebelumnya banyak wisatawan yang terpaksa putar balik karena aturan tersebut.

Karena Kota Batu masuk level 2 dan aturan itu dihilangkan, berimbas pada tingginya kunjungan wisatawan di sana. Setidaknya sudah 2 ribu wisatawan yang datang. “Berbeda dengan sebelumnya hanya sehari hanya sampai 500 orang,” tambah Sujud. 

Meski demikian protokol kesehatan dan aturan sesuai Inmendagri menjadi acuan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Aturan prokes ketat mengacu kepada protokol CHSE. Selain wajib vaksin, penggunaan aplikasi PeduliLindungi juga digunakan sebagai antisipasi. Prokes ketat yang diterapkan disiplin protokol kesehatan 5M.

Mulai dari memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga Kesehatan, dan menghindari kerumunan.

Terpisah Manager Marketing & Public Relation JTP Group Titik S. Ariyanto menambahkan, saat ini beberapa kawasan tempat wisata mulai dibuka kembali. Namun secara bertahap.

“Sembilan park yang melakukan uji coba buka meliputi JTP 2, JTP 3, Milenial Glow Garden JTP 3, Museum angkut, Baloga, Predator park dan Eco Green Park. Sedangkan untuk park yang buka saat weekend (Jumat-Minggu) adalah JTP 1, Museum Tubuh dan BNS,” kata Titik.

Meski sudah dibuka, wisatawan yang masuk pun tidak tinggi seperti di Selecta. Per harinya masih tercatat puluhan wisatawan.

Topik
WISATA KOTA BATUSujud HariadiTaman Rekreasi Selecta

Berita Lainnya

Berita

Terbaru