Wujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, FT UM Teken MoU dengan BUMN dan Perusahaan Internasional

Oct 21, 2021 18:20
Suasana Penandatangan MoU Fakultas Teknik UM di Gedung B11, Lantai 4, Universitas Negeri Malang Kamis (21/10/2021). Foto: Aditya Fachril (JatimTIMES)
Suasana Penandatangan MoU Fakultas Teknik UM di Gedung B11, Lantai 4, Universitas Negeri Malang Kamis (21/10/2021). Foto: Aditya Fachril (JatimTIMES)

JATIMTIMES - Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (FT UM)  melakukan penandatangan MoU (memorandum of understanding) untuk mendukung program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Gedung B11 Universitas Negeri Malang,  Kamis (21/10/2021).

Penandatangan MoU dilakukan antara Fakultas Teknik UM dengan PT Len Industri, PT Dirgantara Indonesia, PT Pos Indonesia, dan PT Volex Indonesia.

Acara yang yang berlangsung dengan prokes (protokol kesehatan) ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik UM Prof Dr Marji MKes, Wakil Dekan I Prof Arif Nur Afandi ST MT PhD, Tim Kerja Sama Universitas Negeri Malang, dan pejabat Fakultas Teknik.

Dekan FT UM Prof Marji  menyampaikan bahwa MoU ini diperlukan untuk membantu mahasiswa mendapatkan pengalaman.  "Kami membutuhkan industri-industri sebagai patrner untuk mendidik mahasiswa, memberikan fasiltas dan menunjang talenta talenta untuk menyongsong masa depan," kata Marji.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Dekan I Prof Arif bahwa MoU ini diharapkan mampu meningkatkan skill dan pengalaman mahasiswa. "Dengan adanya MoU ini diharapkan Fakultas Teknik berkibar di dunia kerja dan semua alumni bisa terserap serta memberikan tempat magang untuk MBKM untuk memperluas skill di dunia lapangan," ujar dia.

Harapan positif pun disampaikan pihak industri seperti PT Len Industri yang diwakili  Devryansyah Gustiawan. Dia menyampaikan bahwa SDM (sumber daya manusia) terbaik bangsa dari Universitas Negeri Malang dapat membantu dan berkarir di BUMN.

"Semoga kami segera bisa mengimplentasikan terkait dengan Kampus Merdeka. Kami sangat senang Kampus UM ini memilih kami PT Len Industri yang jauh di Bandung. Semoga bisa membantu juga PT Len nanti ke depan sehingga SDM terbaik bangsa itu tidak ke mana mana sehingga bisa berkarir terutama di BUMN," ungkap Devryansyah.

Rima Melati dari PT Volex Indonesia menyampaikan bahwa MoU ini merupakan jalan bagi anak bangsa untuk bisa menjadi lebih hebat “Kami sangat senang setelah penandatangan MoU dari Universitas Negeri Malang dengan PT Volex. Artinya kami sudah menjalin kerja sama. Kami tinggal menunggu siapa anak bangsa dari Universitas Negeri Malang yang akan datang ke perusahaan kami. Dan semoga ini menjadi jalan untuk anak bangsa menjadi lebih hebat,” tandas  wanita asal Medan ini.

EGM PT Pos Indonesia Cabang Malang  Akhmad Ridwan juga menyampaikan bahwa MoU ini sangat positif dan diperlukan. "Saya memandang kerja sama ini sangat positif. Dan itu yang kita semua perlukan ke depannya  untuk mendidik dan menunjang mahasiswa maju bersama industri dan mengambil peluang peluang besar," ungkap Akhmad

Ketua Tim Kerja Sama Universitas Negeri Malang Siti Sendari berharap MoU ini mampu ditangkap oleh jurusan-jurusan di lingkungan fakultas teknik untuk megirimkan mahasiswanya kepada perusahaan yang menjalin kerja sama tersebut. "Harapannya, semua jurusan di lingkungan fakultas teknik dapat mengirimkan mahasiswanya, entah itu MBKM atau magang, untuk dikirimkan kepada perusahaan perusahaan tersebut," kata Siti.

Siti juga menyampaikan bahwa saat acara  berlangsung, juga diadakan rekrutmen oleh pihak industri. Terdapat 10 mahasiswa fresh graduate yang mendaftar dan menunggu tahap seleksi lanjutan.

Topik
Kerja sama dengan BUMN dan perusahaan internasionalRanperda Penyelenggaraan Kesehatan JiwaUniversitas Negeri Malang (UM)

Berita Lainnya

Berita

Terbaru