Disnaker Kota Malang Beri Pengarahan Tahap Pertama Pra Pelatihan Kerja Kepada 82 Pekerja

Oct 21, 2021 15:24
Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinaker-PMPTSP Kota Malang Titis Andayani (kanan) saat memberikan pengarahan kepada para pegawai pabrik rokok yang akan mengikuti pelatihan kerja, Kamis (21/10/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinaker-PMPTSP Kota Malang Titis Andayani (kanan) saat memberikan pengarahan kepada para pegawai pabrik rokok yang akan mengikuti pelatihan kerja, Kamis (21/10/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang memberikan pengarahan pra pelatihan kerja tahap pertama kepada 82 orang yang merupakan pekerja pabrik rokok di Kota Malang. 

Dalam pengarahan pra pelatihan kerja ini juga dihadiri dari perwakilan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang nantinya bakal memberikan kebutuhan modal usaha.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Erik Setyo Santoso mengatakan, pengarahan pra pelatihan kerja tahap pertama ini dibagi dalam tiga sesi, dengan peserta dari materi pelatihan kerja yang berbeda. 

Pertama dilakukan pengarahan pra pelatihan kerja untuk 31 orang peserta yang nantinya bakal mendapatkan materi untuk menjadi barista dan membuat ragam minuman kekinian yang banyak digandrungi oleh milenial. 

Kemudian di sesi kedua diikuti oleh 23 orang peserta yang nantinya bakal menerima materi pelatihan kerja terkait olahan pangan. Lalu di sesi ketiga pengarahan pra pelatihan kerja diberikan kepada 28 orang peserta yang nantinya bakal menerima materi menjahit busana muslim atau muslim fashion. 

Pembagian tiga sesi ini juga untuk mencegah terjadinya kerumunan peserta. Selain itu juga untuk menjaga protokol kesehatan dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi para peserta. Terlebih lagi Kota Malang saat ini masih berada pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2. 

Peserta pra pelatihan kerja yang digelar oleh Disnaker-PMPTSP Kota Malang dan Diskopindag Kota Malang.

Erik menuturkan, pengarahan pra pelatihan kerja diberikan agar para pekerja pabrik rokok yang nantinya mengikuti pelatihan kerja dapat lebih memiliki kesiapan dalam mengikuti materi-materi pelatihan kerja yang diberikan oleh pemateri.

"Pengarahan hari ini yang kami berikan terkait pelaksanaan, tempat, waktu, pelaksana kegiatan terkait juga hak peserta nantinya mendapatkan bantuan transportasi dan peralatan modal dari Diskopindag," ungkap Erik kepada JatimTIMES.com, Kamis (21/10/2021). 

Dalam pengarahan pra pelatihan kerja tahap pertama ini, seluruh peserta mayoritas sudah memahami terkait pelaksanaan pelatihan kerja nantinya. Hal itu dikarenakan dari Disnaker-PMPTSP Kota Malang sudah membuat grup WhatsApp dari masing-masing kelas pelatihan kerja. 

"Sekarang untuk memperjelas, mereka banyak tanya terkait keberlanjutan, selain memberikan peralatan juga ada monitoring dan pembinaan," terang Erik. 

Selain itu, nantinya dalam pemaparan praktek pelatihan kerja juga akan diberikan materi seputar bagaimana membuka usaha mulai dari nol yang dipaparkan oleh narasumber kompeten di bidangnya. 

Sementara itu, Firdaus Utama salah satu pegawai pabrik rokok di Kota Malang bagian gudang yang saat ini sedang dirumahkan dan menjadi Ketua Kelas B dalam materi pelatihan kerja barista, berharap banyak dengan adanya pelatihan kerja dari Disnaker-PMPTSP Kota Malang bersama Diskopindag Kota Malang. 

"Kita inginnya habis pelatihan dikasih uang transportasi sama alat, kalau kita nggak punya tempat kan otomatis buka nya dimana, kalau bisa dibantu tempat beberapa bulan, kalau sudah jalan nanti bisa dilepas," ungkap Firdaus. 

Terlebih lagi, nantinya dengan adanya pengarahan pra pelatihan kerja pihaknya lebih dapat memahami teknis pelaksanaan praktek pelatihan kerja yang akan diberikan. Dengan begitu, pihaknya akan mendapatkan pengalaman kerja. 

"Pengalaman itu agar dapat membuka usaha untuk mengentaskan pengangguran serta memberikan penghasilan tambahan untuk kita," tandas Firdaus.

Topik
Pelatihan KerjaDisnaker PMPTSP Kota MalangKota MalangErik Setyo SantosoBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru