Dibangun Tahun 2022, Sederet Fasilitas ini Bakal Hadir di Alun-Alun Kedungkandang

Oct 21, 2021 14:18
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Sederet proyek untuk menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Malang masih menjadi salah satu prioritas untuk dioptimalkan. Salah satunya melalui rencana pembangunan Alun-Alun Kedungkandang pada tahun 2022 mendatang.

Konsep taman luas yang menyasar wilayah timur Kota Malang itu pada mulanya direncanakan menelan anggaran Rp 15 Miliar di tahun 2022. Namun lantaran adanya refocusing, maka di awal pembangunan ditaksir akan menghabiskan dana sekitar Rp 5 Miliar.

"Kalau RTH yang jadi Alun-Alun Kedungkandang itu Rp 5 Miliar. Sebenarnya anggarannya ada sekitar Rp 15 Miliar tapi nanti bertahap, karena APBD kita berkurang, refocusing itu ya," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Wahyu Setianto.

Mengacu pada Detail Engineering Design (DED) yang telah dibuat di tahun 2021 ini, Alun-Alun Kedungkandang dipastikannya akan jauh berbeda dengan Alun-Alun Merdeka Kota Malang ataupun Alun-Alun Tugu Kota Malang.

Di dalamnya bakal dilengkapi berbagai fasilitas, termasuk fasilitas ramah anak dan untuk mensupport berbagai kegiatan anak millenial.

"Kalau di Alun-Alun Balai Kota (Alun-Alun Tugu Kota Malang) ada taman, di sana juga ada. Kemudian, ada air mancur. Ada space untuk kaum muda, untuk track-track an, tempat untuk main skate board, sepatu roda, home teater dan masih banyak lainnya," terangnya.

Tak hanya itu, di Alun-Alun Kedungkandang yang akan dibangun di sebelah bangunan Telecenter Daragrati Kedungkandang, juga akan ada konsep edukasi. Sehingga, selain sebagai area bermain juga bisa menjadi sarana belajar anak-anak.

Dengan hadirnya Alun-Alun Kedungkandang ini, sebagai salah satu bentuk pemecah keramaian di pusat kota. Seiring dengan keinginan Pemkot Malang untuk menjadikan wilayah Timur Kota Malang menjadi primadona.

Topik
delman gratiskonsep alun alun kedungkandangrth kota malangKota Malangkegagalan panenBerita Malang terkini

Berita Lainnya

Berita

Terbaru