Reses bersama Petugas Puskesos Lowokwaru, Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Sampaikan Ini

Oct 21, 2021 09:53
Suasana reses Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono bersama Petugas Puskesos Lowokwaru. (Foto: Istimewa).
Suasana reses Ketua Komisi B DPRD Kota Malang Trio Agus Purwono bersama Petugas Puskesos Lowokwaru. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Masa penyerapan aspirasi kepada masyarakat Kota Malang melalui reses tengah bergulir. Salah satunya, bersama petugas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) se Kecamatan Lowokwaru.

Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono menyampaikan apresiasinya atas peran Puskesos dalam keterlibatannya melayani masyarakat. Terkhusus, bagi warga kurang mampu di wilayah tersebut.

"Dengan keberadaan Puskesos di Kota Malang yang sudah terbentuk di 12 kelurahan di Kecamatan Lowokwaru, pendataan dan pelayanan pada masyarakat pra sejahtera bisa terlaporkan dan tertangani dengan baik," ujarnya.

Terlebih, tidak hanya sekedar pemberian pelayanan saja, petugas Puskesos juga sebagai pusat informasi masyarakat dalam pemberian layanan kesejahteraan sosial. Yang mana, hal tersebut manfaatnya sangat signifikan.

"Ini sangat membantu dalam mempersingkat urusan atau persoalan yang dibutuhkan berkaitan dengan bantuan sosial bagi masyarakat Kota Malang khsususnya warga Kecamatan Lowokwaru," jelas Trio.

Program reses ini, dikatakan Trio, sebagai upaya dalam fungsi pengawasan anggota DPRD. Seperti, berkaitan dengan informasi alokasi anggaran, kebijakan dan peraturan yang sudah  dibentuk.

Sehingga, apa yang telah diprogramkan bisa tepat sasaran sesuai dengan perencanan dan  kebermanfaatannya bisa dirasakan bagi masayarakat Kota Malang. 

"Tugas kami memastikan anggaran dan kebijakannya bisa tepat sasaran, rosesnya mudah dan cepat. Dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat dalam hal pelayanan bantuan sosial dan menjamin kesejahteraan bagi warga yang membutuhkan," terangnya.

Lebih jauh, pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang tersebut, mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui dinas terkait dalam hal ini Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang untuk menguatkan program Puskesos di setiap wilayah.

"Kami mendorong agar meningkat  pelayanan sosialnya, tersedianya pelayanan pelindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan untuk warga miskin dan rentan miskin ditingkat kelurahan. Sehingga, bisa cepat tertangani serta bisa menurunkan jumlah angka kemisikinan, " pungkasnya.

Topik
DPRD Kota Malangberita kota malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru