Kampung Tematik Baru Segera Hadir di Kota Malang, Wasto: Saya Harap Ada Pendamping dari Akademisi

Oct 20, 2021 19:37
Pembina Kader Lingkungan Kota Malang, Wasto saat melihat bank sampah di Kelurahan Merjosari (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Pembina Kader Lingkungan Kota Malang, Wasto saat melihat bank sampah di Kelurahan Merjosari (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Jumlah Kampung Tematik di Kota Malang bakal bertambah. Rencana bakal muncul Kampung Tematik baru di Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Namun kemunculan Kampung Tematik baru ini diharapkan oleh Pembina Kader Lingkungan (Kaderling) Kota Malang Wasto ada pendampingan dari perguruan tinggi.

“Saya berharap nanti ada pendampingan dari perguruan tinggi karena nanti yang membuat dokumen administrasi maupun dokumen publikasi itu yang ahli akademisi. Sehingga kalau bisa ada pendampingan dari mahasiswa atau dosennya,” ujar Wasto.

Disinggung masalah apakah warga sudah setuju dengan rencana pembuatan kampung tematik, Wasto menyebut bahwa rencana tersebut sudah disampaikan kepada warga. Namun dalam hal ini, Wasto berharap agar kaderling dan warga dapat merumuskan nama yang tepat untuk kampung tematik tersebut.

“Kalau warganya sudah sepakat jenis kampung tematiknya, maka harus dibuatkan sebuah proposal. Proposal ini harus dipahami dijiwai dan dihayati untuk dilaksanakan pemangku kepentingan di RW yang bersangkutan,” ungkap Wasto.

“Termasuk tahapannya apa dulu yang harus dilakukan sumber dananya dari mana itu nanti kita berharap ada pendampingan dari perguruan tinggi,” imbuh Wasto.

Wasto pun menyebut bahwa kampung tematik yang sudah sukses ini tinggal ditiru oleh kader lingkungan. Supaya juga punya ciri khas, maka perlu ada pembahasan di skala RW. “Sepakatnya masyarakat itu kampungnya di RW itu mau dijadikan kampung tematik apa,” ucap Wasto.

“Caranya bisa saja dari ciri khas yang selama ini sudah ada, atau sudah gejalanya ada atau belum sama sekali,” tambah mantan Sekda Kota Malang ini. 

Topik
kampung tematikWastoKota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru