Kota Batu Level 2, Kebijakan Wisata Buka Tunggu Koordinasi Pusat

Oct 19, 2021 20:55
Salah satu tempat wisata di Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu tempat wisata di Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 saat ini tengah disandang oleh Kota Batu. Dengan demikian sejumlah kegiatan masyarakat dipastikan akan dilonggarkan dengan penurunan level ini.

Salah satunya yang mungkin akan segera dibuka adalah sektor pariwisata. Hanya saja Pemkot Batu belum bisa memastikan kapan tempat wisata bisa dibuka kembali di Kota Batu.

“Terkait destinasi wisata harus menunggu koordinasi lebih lanjut dengan pemerintah pusat. Masih perlu persiapan agar pelaksanaannya sesuai dengan Inmendagri. Kami akan follow up secepatnya,”  ucap Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto, Selasa (19/10/2021).

Sementara hingga saat ini tempat wisata yang terpantau melakukan uji coba yakni, Jawa Timur Park 2, Selecta, Museum Angkut, Batu Love Garden. Bahkan beberapa desa wisata juga sudah mulai uji coba operasional.

Seperti di desa wisata Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji. Yang buka seperti petik buah apel, kampung anggrek, dan sebagainya. Meski sudah uji coba operasional, wisatawan yang hadir di tempat wisata masih minim.

Kota Batu masuk level 2 sesuai dengan Surat Edaran Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021 yang ditandatangani per 18 Oktober 2021. Bersama Kota Malang, dan 8 daerah di Jawa Timur yang ditetapkan turun ke level 2. Yakni Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Jombang, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Gresik.

Tidak hanya sekadar sektor pariwisata, aktivitas masyarakat kini juga berpotensi dilonggarkan. Seperti pergi ke mal atau pusat perbelanjaan, nongkrong-nongkrong di kafe maupun resto dan aktivitas lain dengan tetap disiplin prokes.

Dengan penurunan status level PPKM ini, artinya ada kabar baik bagi warga Kota Batu karena sektor pariwisata bisa segera dibuka dalam waktu dekat. Begitu juga ruang dan fasilitas publik seperti Alun-alun Kota Batu, taman kota, hingga pusat olahraga.

Topik
WISATA KOTA BATUtri sakti syaiful hidayatPPKM

Berita Lainnya

Berita

Terbaru