Pemkab Malang Rencana Pasang Aplikasi PeduliLindungi di Pasar Tradilsional, Segera Uji Coba di Kepanjen

Oct 19, 2021 19:04
Pasar Kepanjen yang direncanakan dipasang aplikasi PeduliLindungi (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Pasar Kepanjen yang direncanakan dipasang aplikasi PeduliLindungi (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Berbagai cara dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Salah satunya ada rencana untuk memasang aplikasi PeduliLindungi di pasar tradisional.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Malang, Agung Purwanto menjelaskan bahwa rencana pemasangan aplikasi peduli lindungi ini untuk meminimalisir penyebaran covid-19 di pasar tradisional.

Secara teknis, nantinya para pengunjung pasar tradisional dapat membuktikan diri telah divaksin covid-19. Caranya menggunakan aplikasi tersebut di smartphone-nya masing-masing.

“Seperti pesan Mendag kami harus gencarkan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat masuk. Kami juga menyiapkan. Secara prinsip sudah siap kami,” kata Agung.

Pemasangan aplikasi PeduliLindungi ini menurut Agung juga masih butuh waktu. Sebab, penggunaan aplikasi ini menurutnya tidak seperti yang telah diterapkan di mall yang pengunjungnya mampu menggunakan smartphone.

“Jadi pasar ini pengunjungnya heterogen ada yang tua dan muda. Ada yang gak bisa main aplikasi. Jadi perlu sosialisasi dulu,” ucap Agung.

Bahkan, Agung menyebut bahwa dalam waktu dekat ini pihaknya berencana akan menguji coba pemasangan aplikasi tersebut di pasar tradisional. Salah satunya di Pasar Kepanjen.

“Atau di Pasar Singosari atau Lawang pokoknya pasar yang besar atau induk itu. Kami akan lakukan uji coba dulu,” ungkap Agung.

Jika penerapan pemasangan aplikasi PeduliLindungi itu sukses. Maka aplikasi ini juga akan diterapkan di sejumlah pasar lainnya yang berada di Kabupaten Malang.

“Ya nanti targetnya seluruh pasar pastinya,” tandas Agung.

Topik
PeduliLindungidaerah ppkm level 3 dan 4Pasar Tradisional

Berita Lainnya

Berita

Terbaru