PPKM Diperpanjang, Kota Malang Berhasil Turun ke Level 2

Oct 19, 2021 16:21
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Wali Kota Malang, Sutiaji. (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Seiring dengan penanganan Covid-19 yang terus menunjukkan hasil signifikan, akhirnya Kota Malang berhasil turun level di masa perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level Jawa-Bali hingga 1 November 2021 mendatang.

Jika sebelumnya Kota Malang masuk wilayah PPKM Level 3, saat ini telah turun menjadi PPKM Level 2. Dengan begitu, beberapa penyesuaian kelonggaran aktivitas di tempat umum mulai akan ditambah.

"Saya sudah mengajukan relaksasi kalau kita masih dalam kondisi Level 3, tapi alhamdulillah kita saat ini berada di Level 2," ujar Wali Kota Malang Sutiaji, Selasa (19/10/2021).

Namun, dari wilayah aglomerasi Malang Raya, hanya Kota Malang dan Kota Batu yang berhasil turun level. Sedangkan Kabupaten Malang masih berada di level 3.

Penurunan level untuk Kota Malang ini, dijelaskan Sutiaji, lantaran hasil evaluasi dari Pemerintah Pusat dalam masa penanganan Covid-19 sudah semakin baik. Hal ini yang menjadikan pertimbangan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk tidak lagi memberikan status leveling berdasarkan wilayah aglomerasi.

"Kita tetap waspada, kemarin kita ini bersama-sama (wilayah aglomerasi). Rupa-rupanya ada pertimbangan lain dari Kemendagri," jelasnya.

Terlebih, positivity rate Kota Malang saat ini dinilai telah bagus. Hingga, capaian vaksinasi dosis pertama yang sudah di angka 92 persen. Sedangkan saat ini hal yang terus dikebut adalah vaksinasi untuk warga lanjut usia (Lansia).

Pihaknya optimis, jika capaian vaksinasi telah sesuai ketentuan, bukan tidak mungkin dalam dua pekan berikutnya Kota Malang bisa turun ke level 1.

"Karena kalau dilihat dari positivity rate kita, tracing kita sudah bagus, testing kita juga bagus. Insya Allah evaluasi yang akan datang kita sudah masuk ke level 1. Karena vaksinasi kita sudah masuk 92 persen, lansia kita kejar mudah-mudahan bisa segera 60 persen," pungkas Sutiaji.

Sebagai informasi, pemerintah pusat melalui Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan masa berlaku PPKM berbasis level kembali diperpanjang selama dua pekan hingga 1 November 2021.

Beberapa wilayah yang belum memenuhi target vaksinasi di Jawa-Bali dikeluarkan dari wilayah aglomerasi. Sehingga mulai sekarang indikator vaksinasi sebagai penilaian PPKM akan dilihat per kabupaten/kota, bukan aglomerasi lagi, selama keseluruhan aglomerasi sudah memenuhi syarat WHO untuk turun level.

Adapun, dalam pelonggaran aktivitas masyarakat, pemerintah juga kembali memberikan penyesuan. Seperti izin anak-anak nonton bioskop dan masuk tempat wisata di daerah PPKM Level 2-1, kapasitas bioskop dinaikkan hingga 70 persen, serta pembukaan sektor wisata air di daerah daerah PPKM Level 2-1.

Topik
video dangdutanKota MalangWali Kota Malang SutiajiVaksinasiBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru