Menteri Pertanian: Keren Lho Balitjestro Ekspor Jeruk Purut 1 Ton ke Belanda dan Perancis

Oct 19, 2021 16:04
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat menunjukkan jeruk purut dalam kemasan kotak di Kota Batu, Selasa (19/10/2021). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat menunjukkan jeruk purut dalam kemasan kotak di Kota Batu, Selasa (19/10/2021). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Sub Tropik (Balitjestro) yang ada di kawasan Kota Batu sukses mengekspor buah jeruk purut (Puri Agrihorti). Buah jeruk ini dieskpor ke Perancis dan Belanda.

Kali ini pemberangkatan ekspor buah jeruk purut ke Perancis dan Belanda langsung dilakukan oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dari Kota Batu, Selasa (19/10/2021). Buah jeruk yang diberangkatkan ini seberat 1 ton per minggu.

Atau 4 ton per bulannya dengan nilai Rp 680 juta. “Keren lho Balitjestro bisa mengirimkan atau mengekspor sebanyak ini,” ungkap Syahrul. Ke depan Syahrul meminta tidak hanya ekspor jeruk purut, tetapi juga jenis lainnya.

Dalam kurun waktu 6 tahun terakhir 2015 – 2020 telah didistribusikan benih sumber sebanyak 43.046 batang atau setara dengan 21.465.150 benih sebar (53.663 hektar).

Secara nasional kontribusi Balitbangtan/Balitjestro terhadap luas areal jeruk nasional 73.083 hektar yang tersebar di seluruh Indonesia sebesar 73 persen dan semua ini dimulai dari Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IP2TP) Punten.

Hingga saat ini, Balitbangtan sudah memiliki 271 jenis jeruk yang dikoleksi dari seluruh wilayah Indonesia, dan introduksi dari luar negeri dan tercatat sebagai pemecah rekor MURI pada tahun 2012. Hasil koleksi tersebut, telah banyak dilepas sebagai varietas unggul baru (VUB) oleh Kementerian Pertanian dengan kualitas buah yang tidak kalah dengan jeruk impor.

“Paling tidak ada 74 jenis jeruk yang sudah dilepas sebagai VUB di Indonesia,” ucap Syahrul. Di antaranya Keprok Batu 55 dari Batu, Keprok Garut dari Jawa Barat, Keprok Grabag dari Magelang, Keprok Pulung dari Ponorogo, Keprok Tawangmangu dari Jawa Tengah, dan Keprok SOE dari NTT.

Lainnya Keprok Tejakula dari Bali, Keprok Madura, Keprok Borneo Prima dari Kaltim, Keprok Trigas dari Kalbar dan lain sebagainya. “Salah satu VUB yang dihasilkan Balitbangtan sebagai komoditas ekspor ke negara-negara Eropa adalah jeruk purut dengan nama Puri Agrihorti,” tambah Syahrul.

Topik
ekspor jerukpusat pemerintahanBalitjestro

Berita Lainnya

Berita

Terbaru