Bertahan di Zona Kuning, Tapi Skor 14 Indikator Naik 2,83

Oct 19, 2021 15:55
Alun-Alun Kota Batu saat tutup. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Alun-Alun Kota Batu saat tutup. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Setelah naik turun, kali ini kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Batu nihil. Alhasil hingga Selasa (19/10/2021) membuat skor Kota Batu melambung pesat meski masih bertahan di zona kuning.

Dari data Dinas Kesehatan Kota Batu jika ditinjau dari 14 indikator bersatu lawan Covid-19, kondisi Kota Batu saat ini skornya 2,83. Skor tersebut mengalami kenaikan yang tinggi.

Meski saat ini tetap bertahan pada zona kuning atau risiko rendah. Padahal sebelumnya skor masih 2,73.

“Sebelumnya 2,79 kemudian turum 2,73,” kata Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, Onny Ardianto. Dengan capaian kasus konfirmasi positif sejak 9 Oktober terbanyak lima pasien.

Sehingga saat ini Senin terdapat kasus aktif sebanyak 18 orang. 18 orang diantaranya menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Kota Batu ada 5 orang, sisanya tiga orang menjalani isolasi terpusat di shelter YPPII Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu.

“Sampai saat ini munculnya kasus baru konfirmasi Covid-19 masih berasal dari kontak erat keluarga pasien konfirm,” tambah Onny. Hingga saat ini jumlah kumulatif kasus konfirmasi Covid-19 mencapai 3.104 pasien.

Sementara kasus kesembuhan secara kumulatif mencapai 2.820 orang. Dan jumlah kasus kematian kumulatifnya sejumlah 266 orang. Meski demikian Onny mengajak warga Kota Batu tetap menjaga protokol kesehatan dengan menerapkan 5M.

Mulai dari memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjaga kesehatan, dan menghindari kerumunan.

“Selalu terapkan protokol kesehatan, jaga kesehatan dan jangan menganggap remeh,” imbau Onny yang juga Kepala Dinas Komunukasi dan Informatika Kota Batu. Walaupun warga sudah mendapatkan vaksin Covid-19 tetap menjaga prokotol kesehatan.

“Namun bagi warga yang belum vaksin bisa segera mendapatkan vaksin di pelayanan kesehatan terdekat,” tambah Onny.

Topik
covid 19 kota batuCovid 19we have a ghost

Berita Lainnya

Berita

Terbaru