Sejumlah Kampus Ajukan Izin Kuliah Tatap Muka ke Pemkot Malang

Oct 18, 2021 18:42
Walikota Malang Sutiaji saat ditemui di Balaikota Malang (doc MalangTIMES)
Walikota Malang Sutiaji saat ditemui di Balaikota Malang (doc MalangTIMES)

JATIMTIMES - Sejumlah kampus di Kota Malang telah mengajukan izin untuk menyelenggarakan kuliah tatap muka ke Pemkot Malang. Baik itu diajukan oleh kampus negeri maupun swasta.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan hingga saat ini pihaknya masih mengkaji atas pengajuan izin tersebut. "Masih kita data (kampus yang mengajukan izin, Red). Kemarin ada Universitas Negeri Malang (UM) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, kemudian ada Universitas Islam Malang (Unisma) dan beberapa kampus lain, tapi rata-rata sudah mengajukan izin," kata Sutiaji, Senin (18/10/2021).

Sutiaji mengakui belum bisa memastikan pelaksanaan kuliah tatap muka. Sebab hal tersebut tergantung dari kebijakan masing-masing kampus yang juga mempertimbangkan kondisi level Kota Malang serta proses perizinan dari pemerintah.

"Sebenarnya sudah ada (kampus, Red) yang sudah (kuliah tatap muka, Red) Mas, tapi dia (kampus) kan hanya mendatangkan mahasiswa terbatas, jadi tidak tatap muka seluruh-nya cuman 10 orang, sifatnya hybrid," ungkap Sutiaji.

Untuk pelaksanaan kuliah tatap muka ini, para mahasiswa dan seluruh unsur kampus harus divaksin terlebih dulu. Meskipun masih menjalani dosis pertama vaksinasi, hal tersebut nantinya bukan menjadi persoalan.

Selain itu, dalam pelaksanaannya, para mahasiswa maupun dosen serta mereka yang terlibat PTM, juga harus menerapkan atau mengaplikasikan aplikasi Peduli Lindungi.

"Untuk mereka yang dari luar kota harus vaksin dulu, nanti juga harus ada hasil PCR, kalau belum vaksin nanti disini yang menyiapkan, bisa jadi vaksinnya baru sekali," beber Sutiaji.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Malang Prof Dr Dyah Sawitri menyatakan pelaksanaan perkuliahan luring (luar jaringan) atau kuliah tatap muka bergantung sepenuhnya pada kesiapan tiap kampus. "Termasuk siapa yang masuk, angkatan berapa, itu menjadi kewenangan kampus masing-masing," kata Dyah Sawitri yang juga Rektor Universitas Gajayana (Uniga) MalangĀ ini.

Topik
kuliah tatap muka

Berita Lainnya

Berita

Terbaru