Indira Rasakan Kenyamanan Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Oct 18, 2021 17:24
Salah seorang peserta BPJS Kesehatan yakni Indira. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)
Salah seorang peserta BPJS Kesehatan yakni Indira. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)

JATIMTIMES - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus membuat sederet inovasi yang dapat memberikan kenyamanan bagi para peserta BPJS Kesehatan dalan menggunakan Kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Rasa nyaman dalam menggunakan fasilitas menjadi peserta BPJS Kesehatan dirasakan langsung oleh Indira (24). Indira sendiri merupakan peserta BPJS Kesehatan dari segmen mandiri atau PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah). 

"Waktu itu saya sudah berusia 21 tahun, karena sudah tidak bisa diikutsertakan dalam tanggungan orang tua (PNS), maka saya berinisiatif untuk mengurus perpindahan segmen BPJS saya yang tadinya Pekerja Penerima Upah (PPU) menjadi segmen mandiri," ungkap Indira dalam keterangan resmi yang diterima JatimTIMES.com, Senin (18/10/2021). 

Kemudian Indira menceritakan pengalamannya saat datang ke Kantor BPJS Kesehatan Cabang Malang yang terletak di Jalan R. Tumenggung Suryo nomor 44, Kota Malang. Petugas yang berada di Kantor BPJS Kesehatan pun dengan ramah menanyakan keperluan Indira. 

"Saya tidak menyangka petugasnya bisa paham semua solusi masalah peserta, penjelasannya juga jelas dan detail, hingga antrenya jadi tidak lama karena semua persyaratan sudah lengkap," ujar Indira. 

Selain itu, petugas di bagian frontliner menurut Indira juga selalu tersenyum dan tampak cekatan dalam bekerja. Tidak berhenti di layanan administrasi, dirinya merasa kagum dengan pelayanan kesehatan yang diberikan. Dirinya merasa puas dalam menggunakan layanan di klinik. 

"Walaupun sekarang makin ramai, tetapi antre bukan jadi masalah lagi, karena saya bisa mendaftarkan antrean melalui Mobile JKN, kalau sudah mendekati nomor antrean, saya bergegas untuk berangkat ke klinik," terang Indira. 

Indira menambahkan, Pelayanan yang diberikan oleh dokter sangat memuaskan dengan tidak membeda-bedakan status peserta BPJS Kesehatan maupun pasien umum non-BPJS Kesehatan. Selain itu, untuk obat-obat yang dikonsumsi oleh Indira, semuanya gratis. 

"Tidak pernah bayar sama sekali, semua full ditanggung sama BPJS, mantap!" kata Indira.

Sementara itu, dengan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (Pandawa) berbasis layanan non tatap muka, Indira merasa senang. Karena di tengah pandemi Covid-19 dirinya dapat tetap bisa mendapatkan layanan dari BPJS Kesehatan dengan mengurangi pertemuan tatap muka secara langsung. 

"Saya bersyukur atas pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan, ditambah lagi sekarang ada layanan Pandawa, sangat membantu sekali untuk peserta yang takut terpapar covid jika harus keluar rumah apalagi tempat umum," pungkas Indira. 
 

Topik
BPJS Kesehatanpmulihan ekonomiBPJS Kesehatan MalangPelayanan KesehatanBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru