Pacu Daya Saing Mahasiswa, Dekan FEB Unisma: PKM Jadi Salah Satu Barometer Utama Kampus

Oct 17, 2021 18:41
Dekan FEB Unisma, Nur Diana SE MSi (kiri) dan Dr Nur Fajar Arif MPd Reviewer Nasional PKM(Ist)
Dekan FEB Unisma, Nur Diana SE MSi (kiri) dan Dr Nur Fajar Arif MPd Reviewer Nasional PKM(Ist)

JATIMTIMES - Mencetak lulusan yang berkompeten, memiliki kreativitas serta mampu berdaya saing, merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan oleh Perguruan Tinggi (PT). Dalam upaya itu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Malang (Unisma) gencar menyelenggarakan workshop bertema strategis.

Seperti kegiatan workshop ini mengambil tema "Gelorakan Kreativitasmu dan Raih Prestasimu". Kegiatan yang masuk dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) itu menghadirkan narasumber Dr Nur Fajar Arif MPd yang diketahui merupakan Reviewer Nasional PKM.

Dekan FEB Unisma, Nur Diana SE MSi menjelaskan, PKM menjadi salah satu barometer utama Perguruan Tinggi (PT), sehingga output dan outcome-nya dapat mendukung kinerja perguruan tinggi, kemahasiswaan, program studi apabila lolos didanai oleh Belmawa.

“Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill salah satu upaya untuk mencapainya dengan program PKM di mana mahasiswa didorong menjadi pribadi Kreatif, inovatif, tata pada aturan serta Objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual” tutur Diana 

PKM tentunya jelas, merupakan program mempersiapkan sumber daya manusia yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi pendidikan tinggi, sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila.

"Apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Workshop PKM  ini, yang diorganisir dengan baik oleh BEM FEB Unisma. Pada tahapan ini harus mampu menumbuh kembangkan minat mahasiswa dalam mengabdikan ilmunya kepada masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FEB Unisma Yaser Arafat menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan pelatihan yang berfokus untuk memberikan pengetahuan dan wawasan serta melatih skill mahasiswa tentang  PKM. Di sini diberikan gambaran  umum dalam mengikuti kegiatan PKM. 

"Diharapkan kegiatan Workshop PKM ini dapat mengasah softskill mahasiswa di bidang PKM serta dapat memberikan prestasi dan kebermanfaatan untuk Unisma," papar Yaser Arafat.
 
Dr Nur Fajar Arif MPd merupakan Reviewer PKM Nasional  dan juri PKM PIMNAS  menjelaskan berbagai materi tentang materi mengenai bidang-bidang PKM yang ada. Antara lain,  PKM-P (Penelitian), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-T (Teknologi), dan PKM-K (Kewirausahaan). PKM GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif). 

“PKM-GFK mengangkat permasalahan dan solusi yang ditawarkan mahasiswa terkait 17 program SDG atau Sustainable Development Goals yang dibuat oleh PBB. Selain itu bisa juga mengangkat permasalahan krusial yang ada di Indonesia," ungkap Nur Fajar Arif.

Dia juga memberikan arahan trik dan tips bagaimana proses review proposal PKM tingkat Nasional. Proses tersebut yang melalui 3 tahapan, yaitu tahap evaluasi internal perguruan tinggi, evaluasi daring tahap 1 dan evaluasi daring tahap 2 yang meliputi evaluasi administratif, format, program dan kreativitas.

Topik
Unismadestinasi ekspatriatMahasiswa Unismajual ijazah palsupengunjung kafe kali tsg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru