Menparekraf Sandiaga Uno Dorong Pemda Dukung Pelaku Ekonomi Kreatif

Oct 16, 2021 20:55
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno saat mengisi workshop Pengembangan KaTa Kreatif di Latar Ijen Coffee, Kota Malang, Sabtu (16/10/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno saat mengisi workshop Pengembangan KaTa Kreatif di Latar Ijen Coffee, Kota Malang, Sabtu (16/10/2021). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Menteri Pariwisata dan Ekonomu Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Kota Malang dalan rangka workshop pelaku ekonomi kreatif untuk pengembangan KaTa (Kabupaten/Kota) Kreatif Indonesia.

Dalam kunjungannya tersebut, Sandiaga Salahuddin Uno disambut oleh beberapa pejabat di Kota Malang. Ada Wakil Ketua DPRD Kota Malang Rimzah Zubair dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Ida Ayu Made Wahyuni.

Pejabat yang akrab disapa Sandiaga Uno ini menuturkan, tujuan utama dari workshop Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia untuk meningkatkan kapasitas pelaku ekonomi kreatif. Dengan begitu akan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat. Pihaknya pun mendorong agar Kabupaten/Kota di wilayah Malang Raya dapat memberikan dukungan terhadap sektor ekonomi kreatif. 

"Karena ekonomi kreatif menciptakan 20 juta lapangan pekerjaan," ungkap Sandiaga Uno saat menggelar konferensi pers di Latar Ijen Resto and Cafe, Sabtu (16/10/2021). 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno saat disambut oleh dua penari tradisional.

Pihaknya menyampaikan, dengan adanya workshop Pengembangan KaTa Kreatif Indonesia, diharapkan dapat digunakan sebagai pertimbangan oleh pemerintah daerah dalam membuat kebijakan untuk memberikan ruang bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk terus berinovasi.

Selain itu, pihaknya juga menginginkan dengan adanya workshop Pengembangan KaTa Krearif Indonesia ini dapat menjadikan pelecehan semangat untuk kebangkitan ekonomi kreatif di Malang Raya dan pariwisata di Jawa Timur. 

"Selain itu juga diharapkan peluang usaha dan lapangan kerja bisa terbuka luas," ujar Sandiaga Uno yang juga merupakan Politisi Partai Gerindra ini. 

Keinginan dan harapan yang besar dari Sandiaga Uno memiliki alasan yang jelas. Yakni wilayah Malang Raya sangat banyak memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan kerja, khususnya melalui sektor ekonomi kreatif. 

Terlebih lagi, wilayah Malang Raya ini sebenarnya memiliki sub sektor yang banyak sekali. Mulai dari seni pertunjukan, aplikasi media, fashion show, kuliner dan lain-lain. 

"Malang ini sudah ditetapkan sebagai KaTa Kreatif di tahun 2019. Kami ingin ini terus ditingkatkan," tutur Sandiaga Uno. 

Lebih lanjut, saat ini pihaknya melalui jajaran direktorat jenderal (dirjen) yang terdapat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI terus menggencarkan sosialisasi program gerakan nasional bangga memakai buatan Indonesia. 

"Sehingga perekonomian pelaku usaha ekonomi kreatif bisa meningkat," pungkas Sandiaga Uno.

Topik
sepakbola u 16pengembangan kata kreatif indonesiaoutfit halloween

Berita Lainnya

Berita

Terbaru