Cari Input Berkualitas, UIN Maliki Malang Bakal Jemput Bola

Oct 16, 2021 19:07
Kepala BAK UIN Maliki Malang, Imam Ahmad (doc MalangTIMES)
Kepala BAK UIN Maliki Malang, Imam Ahmad (doc MalangTIMES)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang bakal jemput bola mencari mahasiswa-mahasiswa berkualitas dari sekolah-sekolah maupun pondok pesantren (Ponpes). Hal tersebut dilakukan dengan melakukan langsung seleksi di tempat.

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (BAK) Imam Ahmad membenarkan hal tersebut. Ke depan, untuk mencari mahasiswa berkualitas, pihaknya akan melakukan seleksi di tempat. 

"Tentunya agar input kita menjadi benar-benar ideal untuk dikembangkan," paparnya. 

Untuk menggolkan hal tersebut, pihaknya akan melakukan roadshow ke beberapa pesantren untuk melakukan seleksi di tempat. "Untuk fokus kita adalah Qiraatul Kutub. Soalnya kalau Tahfiz Quran kan di sini (UIN Maliki Malang) sudah gudangnya. Sudah banyak sekali," ungkapnya. 

Kandidat penerima beasiswa teladan untuk Qiraatul Kutub akan diberi wadah. Sehingga mereka akan lebih semangat lagi dan semakin berkembang lebih baik lagi serta memotivasi sumberdaya lainnya.

Hal ini tentunya juga mencetak generasi Ulul Albab yang melek terhadap khazanah keislaman. Bukan hanya itu saja, secara formal, UIN Maliki Malang ingin mereka yang mempunyai kapasitas keilmuan yang bagus di pondok pesantren, untuk memiliki legalitas secara formal, seperti halnya ijazah. 

"Jadi mereka yang membaca kitabnya bagus akan terwadahi. Diharapkan juga akan muncul lagi dan memotivasi lainnya untuk belar membaca kitab lebih bagus lagi," tutur Imam.

Ia juga menjelaskan, akan lebih massif lagi menyosialisasikan beasiswa teladan Qiraatul Kutub. Saat program itu muncul kemudian disosialisasikan, dalam proses sosialisasi belum maksimal. Sebab, hal itu dilakukan di masa pandemi Covid-19 yang mana banyak keterbatasan.

"Jadi sosialisasinya agak tergesa-gesa. Sosialisasi kondisi pandemi sehingga Informasinya terbatas. Makannya ke depan ini harus lebih massif lagi sosialisasi terkait beasiswa ini," tuturnya.

Topik
UIN Maliki Malangkepala bak uin maliki malangcaketum pbnu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru