Beber Kiat Sukses Belajar pada Era MBKM, Prodi Pendidikan Geografi Unikama Gelar Webinar

Oct 16, 2021 11:23
Materi yang dipaparkan dalam webinar (Ist)
Materi yang dipaparkan dalam webinar (Ist)

JATIMTIMES - Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) terus memantapkan dalam menghadapi maupun menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di kampus multikultural ini. Hal itu salah satunya dilakukan dengan menggelar webinar dengan tema "Kiat Sukses Belajar pada Pembelajaran Kampus Merdeka".

Hadir dalam webinar itu sebagai pemateri adalah Dosen Pendidikan Geografi Universitas Lambung Mangkurat Faisal Arif Setyawan M Pd dan Dosen Geografi Universitas PGRI Kanjuruhan Unikama Dr Dwi Fauzia Putra M Pd.

Dalam sambutannya, Faisal Arif Setyawan M Pd menjelaskan, jika dalam MBKM para mahasiswa akan digembleng untuk lebih membiaskan diri mempunyai kepekaan dalam menemukan hal-hal baru serta menumbuhkan kreativitas untuk menghadapi perkembangan aman yang kian maju.

Karena itu, seseorang mahasiswa tak boleh terpaku dan berhenti dalam melakukan proses pembelajaran. Mahasiswa harus terus memperbarui dan memperbanyak literasi hingga harus memiliki keaktifan dan insiatif untuk terus berkembang.

Bukan hanya itu saja, mahasiswa juga harus mampu beradaptasi pada segala situasi maupun dalam sebuah kurikulum yang baru. Mahasiswa juga dituntut untuk aktif dan kritis dalam menyampaikan pendapat maupun pandangannya.

"Tapi mereka juga harus mampu untuk memanage atau mengelola stress dengan baik," tuturnya.

Dosen Geografi Unikama, Dr Dwi Fauzia Putra M Pd dalam menambahkan, jika MBKM merupakan program strategis dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Karena itu, dibutuhkan seorang sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi dan skill mumpuni.

Perkembangan dan kemajuan skill dari para SDM yang belum pernah ada atau disimulasikan pada kurikulum sebelumnya, menjadi salah satu hal yang penting. Selaras dengan itu, dimana kemajuan zaman terus terjadi, program MBKM yang mempunyai fleksibilitas diharapkan mampu diimplementasikan seluruh satuan pendidikan tinggi.

Disampaikannya juga, jika saat ini kegiatan MBKM yang dalam perencanaan Prodi Pendidikan Geografi adalah mengenai pertukaran pelajar, baik antar prodi maupun antar perguruan tinggi. 

"Selain itu, ada juga KKN Tematik serta magang pada instansi yang terkait bekerjasama," paparnya.

“Program MBKM yang sedang berjalan dan masih dalam rencana Prodi Pendidikan Geografi Unikama ini antara lain pertukaran pelajar baik antar prodi maupun antar PT, KKN Tematik yang dilakukan di Desa, serta Pelaksanaan Magang di tempat yang menjalin kerjasama,” tandasnya.

Sementara itu, Kaprodi Pendidikan Geografi Unikama Dr Suwito MPd menyampaikan, jika tema webinar diambil dengan harapan dan tujuan bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi para mahasiswa maupun para tenaga pendidik yang bermuara untuk peningkatan skill maupun kompetensi para lulusan.

"Ini merupakan kurikulum pengembangan. Mahasiswa bisa memiliki wawasan yang luas, tidak hanya belajar dalam kelas," pungkasnya.

Topik
Merdeka belajarKampus Merdekaunikama malangsinopis ikatan cina 16 oktober

Berita Lainnya

Berita

Terbaru