Jelang HUT, Kota Batu Dapat Kado 2 Penghargaan STBM Award 2021

Oct 15, 2021 20:59
Ekspresi bahagia meraih 2 Penghargaan STBM Award 2021 Rupatama Balai Kota Among Tani, Jumat (15/10/2021). (Foto: istimewa)
Ekspresi bahagia meraih 2 Penghargaan STBM Award 2021 Rupatama Balai Kota Among Tani, Jumat (15/10/2021). (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Dua penghargaan diraih Kota Batu dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Tahun 2021. Ini menjadi kado manis menjelang Hari Ulang Tahun Kota Batu ke-21 pada Minggu (17/10/2021) nanti.

Penghargaan ini diberikan bertepatan dengan puncak acara Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia dan Pemberian Penghargaan STBM Berkelanjutan Kepada Kabupaten/Kota yang digelar secara virtual, yang dilakukan di Rupatama Balai Kota Among Tani, Jumat (15/10/2021).

Dua penghargaan yang didapatkan yakni Kategori Bupati/Walikota STBM Berkelanjutan dan Kabupaten/Kota Terbaik STBM Berkelanjutan kategori Supply. Saat diumumkan meraih penghargaan, wajah bahagia langsung terpancar dari wajah Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Sontak membuatnya mengucapkan syukur hingga mengangkat tangan tanda bahagia. Dewanti mengatakan, STBM merupakan pendekatan untuk mengubah perilaku hidup bersih dan sehat, melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Program STBM memiliki indikator outcome, yakni menurunnya kejadian penyakit diare dan penyakit berbasis lingkungan lainnya yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku. “Pemkot Batu terus berupaya melakukan percepatan penerapan lima pilar STBM,” kata Dewanti.

Lima pilar mulai dari Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga.

Menurutnya semua iyu merupakan upaya membangun kesehatan masyarakat. Tentu untuk membangun kesehatan yang berkelanjutan.

Dalam kegiatan ini juga disampaikan penghargaan kepada 7 kementerian/lembaga, 68 kabupaten/kota percepatan membuang air besar sembarangan, 30 sanitarian, 30 lurah kepala desa dan 30 natural leader.

Topik
desa wisata sanankertostbm awardPemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru