Jaga Tradisi Peringatan Ulang Tahun, Wali Kota Batu Nyekar Makam Leluhur

Oct 15, 2021 18:52
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menaburkan bunga di makam mbah Batu di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. (Foto: istimewa)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat menaburkan bunga di makam mbah Batu di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji Kota Batu. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kota Batu, Wali Kota Batu Dewanti  Rumpoko bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ziarah ke makam leluhur di sejumlah titik, Jumat (15/10/2021).

Ziarah ke makam leluhur ini di antaranya ke ke makam Wali Kota Batu pertama H. Imam Kabul di TPU Samaan, Malang, makam Mbah Batu di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Kemudian ke makam Mbah Patok di Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, dan makam Mbah Mayangsari di Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Suasana khidmat dan khusyuk begitu terasa saat rombongan Wali Kota Batu bersama pimpinan OPD ini tiba di lokasi. Mereka menaburkan bunga hingga melakukan doa bersama-sama di masing-masing lokasi.

“Hari ini kami nyekar (ziarah) ke semua tokoh-tokoh yang membangun Kota Batu, ini menjadi bentuk penghormatan warga Batu untuk tokoh-tokoh yang membangun Kota Batu," kata Dewanti.

Ia menambahkan, ziarah ke makam para leluhur ini juga menjadi pengingat bahwa di zaman modern saat ini, jasa pendahulu harus terus diingat. Sekaligus menjadi tradisi bagi Pemkot Batu sebelum HUT pada 17 Oktober mendatang. Agar warga Kota Batu diberi kesejahteraan, dan ekonominya semakin meningkat.

“Di sana kita mengucap syukur atas berdirinya 20 tahun Kota Batu. Demikian pesat kemajuannya tidak lupa mengingat beliau yang membaurekso, Batu," imbuh Dewanti.

“Masyarakat di Kota Batu ini luar biasa. Saya harap, di zaman modern saat ini, keguyupan, kerukunan, kegotongroyongan dan penghormatan kepada leluhur tetap dijaga,” ujar Dewanti.

Sebelumnya, juga dilakukan kegiatan serupa oleh Dewan Kesenian Kota Batu yang melakukan ziarah makan hingga punden di 119 titik di Kota Batu.

Topik
Kota BatuDewanti Rumpokoimam kabulimam kabul

Berita Lainnya

Berita

Terbaru