Manfaatkan Teknologi, KKN-T Prodi TI Unikama Beri Kebermanfaatan Nyata untuk Desa Druju

Oct 15, 2021 14:40
Tampak Website yang dibuat mahasiswa Prodi TI Unikama untuk Desa Druju (Foto: Ist)
Tampak Website yang dibuat mahasiswa Prodi TI Unikama untuk Desa Druju (Foto: Ist)

JATIMTIMES - Melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T), mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika (TI) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) memberikan kebermanfaatan yang nyata terhadap masyarakat. 

Hal tersebut diwujudkan dalam bentuk memberikan kontribusi pengembangan teknologi sistem informasi berbasis website yang ada di Desa Druju serta Wisata Gunung Kempul di Dusun Sumbernanas dengan pembuatan website.

1

Kali ini, setidaknya ada sembilan mahasiswa yang terlibat, terdiri dari tiga mahasiswa Prodi TI dan enam mahasiswa dari Prodi Manajemen. Mereka bekerjasama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lewat desa wisata serta mengenalkan desa kepada khalayak luas dengan pembuatan website.

Mohamad Helmi Baguswara, salah satu mahasiswa KKN-T menjelaskan, Desa Druju banyak memiliki potensi alamnya yang sangat bagus untuk dimanfaatkan menjadi destinasi wisata, di mana bisa berimbas pada peningkatan ekonomi. 

Mulai dari perbukitan, pertaniannya, budaya masyarakatnya dan kepunden yang dinilai mampu menjadi modal bagus sebuah destinasi wisata. Sehingga mampu turut memperkaya jumlah destinasi wisata di Kabupaten Malang.

“Di Gunung Kempul menjadi tempat favorit yang berpotensi, seperti halnya Kepunden juga bisa menjadi spot foto yang bagus,” ungkapnya.

Akan tetapi, selama ini, masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh masyarakat. Seperti halnya bagaimana untuk mempromosikan lokasi tersebut dengan optimal guna menggaet wisatawan. Masyarakat selama ini belum memahami hal tersebut dan juga belum ada SDM yang mengelola. 

"Jadi, kami sedikit membantu mereka untuk tata kelola Kepunden Gunung Kempul," tuturnya. 

2

Untuk mengenalkan desa wisata ini, tak dipungkiri era digitalisasi seperti saat ini harus mengikuti perkembangan zaman. Perlu adanya media digital agar dalam sosialisasi dan pengenalan lokasi Gunung Kempul semakin mudah untuk tersampaikan kepada masyarakat.

Maka dari itu, celah yang belum dimanfaatkan itu kemudian diambil mahasiswa Prodi TI dengan membuatkan website.

Dengan sistem informasi website, menjadi pilihan agar memudahkan khalayak luas bisa mengakses dan melihat potensi serta keunggulan Desa Druju.

“ Kami akan membantu masyarakat untuk pengelolaannya. Melakukan pendampingan agar masyarakat bisa memahami bagaimana prosedur tata kelola Website untuk memberitahukan tenteng keberadaan Desa Druju serta tempat wisata gunung kempul tersebut," pungkasnya.

Topik
Desa WisataUniversitas PGRI Kanjuruhan Malangchse berbayarmahasiswa unikamaBerita PendidikanBerita MalangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru