Curhatan Menteri Luhut Kerap Di-bully saat Tangani Pandemi Covid-19, tapi Kini Dipuji

Oct 15, 2021 10:38
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: BiografiKu.com)
Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: BiografiKu.com)

JATIMTIMES - Upaya pemerintah untuk menangani pandemi covid-19 bukanlah perkara mudah. Selain berurusan dengan virusnya, pemerintah juga harus menghadapi kenyataan karena banyak keluhan dan berbagai komentar dari masyarakat.

Namun,  pemerintah kini dianggap sukses menangani pandemi covid-19. Hal ini pun membuat pemerintah menerima pujian dari banyak negara.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, kunci keberhasilan pengendalian covid-19 adalah percaya bahwa Indonesia dapat menyelesaikan masalahnya sendiri. Selain itu, tidak perlu merasa bahwa pihak lain lebih baik.

"Sekali lagi kita sudah buktikan penanganan covid begitu kompleks. Indonesia dipuji banyak negara di dunia dan pada awalnya kita dilecehkan, di-bully oleh bangsa sendiri," katanya dalam acara opening ceremony CMSE 2021, Kamis (14/10/2021).

Penanganan pandemi covid-19 ini telah mengajarkan Indonesia sebagai negara yang mampu beradaptasi. Bahkan, Indonesia terbukti mampu mengatasi kasus aktif yang didorong varian Delta. 

Varian Delta ini mendorong kasus harian dari sebelumnya di bawah 10.000 mencapai puncaknya di angka 56.000.  "Ketika itu kasus aktif mencapai 550 ribu dan kapasitas sistem kesehatan berada di ambang batas," kata Luhut.

Menghadapi kondisi tersebut, pemerintah  menempuh jalan dengan melakukan pembatasan mobilisasi. Alhasil, kasus aktif pun berhasil turun.

"Menghadapi situasi tersebut, pembatasan mobilitas masyarakat merupakan satu-satunya pilihan yang harus diambil dan per 3 Juli pemerintah menerapkan PPKM level Jawa Bali dengan tujuan menurunkan mobilitas masyarakat sehingga kasus harian dapat ditekan. Dan saat bersamaan memberikan waktu pemerintah meningkatkan kapasitas sistem kesehatan," tambah Luhut.

Topik
Luhut Binsar PandjaitanCovid 19Pandemi Covid 19Penanganan Corona

Berita Lainnya

Berita

Terbaru