Minum Air Putih sebelum Salat Ternyata Punya Manfaat Hebat bagi Kesehatan

Oct 15, 2021 09:09
Air putih (Foto: HerBeauty.co)
Air putih (Foto: HerBeauty.co)

JATIMTIMES - Beberapa makanan dan minuman memang memiliki fungsinya masing-masing saat dikonsumsi pada waktu tertentu. Kali ini, dr Zaidul Akbar mengungkap pentingnya minum air putih sebelum melaksanakan ibadah salat. 

Diketahui, kandungan yang ada makanan atau minuman memiliki fungsi masing-masing terhadap tubuh. Beberapa makanan juga memiliki manfaat yang lebih efektif saat dikonsumsi pada waktu-waktu tertentu.

Misalnya saja kopi di pagi hari yang bisa membantu memproduksi energi atau cokelat hangat yang dapat membantu merelaksasi tubuh saat malam hari. 

Ternyata air mineral atau air putih juga memiliki fungsi yang lebih banyak daripada hanya sekadar mengatasi rasa haus. Salah satunya adalah manfaat minum air putih sebelum melakukan salat. Zaidul Akbar yang terkenal dengan Jurus Sehat Rasulullah itu mengungkapkan hubungan yang luar biasa antara minum air putih dengan salat. 

Dijelaskan melalui kanal YouTube @dr. Zaidul Akbar Official, air putih atau air mineral memiliki manfaat yang luar biasa saat diminum sebelum salat. Bukan hanya mengatasi rasa haus dan membuat salat menjadi lebih khusyuk, melainkan juga ada manfaat yang jauh lebih kompleks.

 Zaidul Akbar juga mengatakan bahwa ada pola sederhana yang bisa dilakukan dan memberikan manfaat dari salat fardu 5 waktu. Kebiasaan sederhana itu adalah hanya meminum segelas air putih tepat sebelum melakukan salat 5 waktu.

Hal ini disampaikan karena saat salat ada perubahan metabolisme di dalam tubuh. Waktu-waktu salat fardu seperti subuh, duhur, asar, magrib dan isya juga dikaitkan dengan waktu peralihan suhu di bumi sehingga tubuh membutuhkan adaptasi dengan suhu yang baru saja berubah.

"Waktu salat itu ada perubahan metabolisme di badan dan perubahan suhu di bumi. Maka saat itu adalah waktu terbaik untuk memberikan yang hidup ke badan kita berupa air," kata  Zaidul Akbar.

Tak perlu banyak-banyak, hanya cukup 1 gelas setiap waktu salat dikatakan sudah bisa memberikan manfaat yang sangat baik. Konsumsi air di waktu-waktu tersebut  dinilai sangat baik untuk membantu perbaikan tubuh dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

"Waktu mau salat, minum air putih satu gelas. Mungkin sekitar 300 mililiter sudah cukup. Apa yang terjadi? Tubuh akan diperbaiki secara alami," ujar  Zaidul Akbar.

Topik
Salat farduAir putih dan salatresep anti loyoWarung Gogo Iwak Kali
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru