Bangkitkan UMKM, Wali Kota Malang Sutiaji Ajak Masyarakat Sobo Pasar

Oct 14, 2021 19:53
Wali Kota Malang Sutiaji (bertopi hitam) saat mengunjungi salah satu pasar rakyat di Kota Malang. (Foto: Istimewa).
Wali Kota Malang Sutiaji (bertopi hitam) saat mengunjungi salah satu pasar rakyat di Kota Malang. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES- Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Malang cukup menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Terlebih, dalam di masa pandemi Covid-19 saat ini, dimana banyak pelaku usaha terdampak.

Hal inilah yang kemudian menjadikan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk mengajak masyarakatnya sobo pasar. Langkah ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan, Gerakan Gemar ke Pasar (Pasar Rakyat/Tradisional) yang telah digaungkan sejak 13 Agustus 2018 lalu sejatinya diminta untuk digencarkan kembali. Baik jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga masyarakat agar bisa berbelanja di pasar rakyat guna meningkatkan ekonomi khususnya sektor UMKM.

"Saya ingin ingatkan kembali, sekaligus menekankan apa yang pernah kita program, jangan hilang begitu saja atau tidak ada keberlanjutannya. Gerakan Gemar ke Pasar ini positif, terlebih saat kita lagi menuju transformasi dari pandemi ke endemi. Dengan misi kebangkitan ekonomi khususnya sektor UMKM," ujar Sutiaji.

Dengan digeliatkannya gerakan tersebut secara masif, setidaknya tak hanya meningkatkan perekonomian semata. Namun, nilai-nilai budaya yang ada di pasar sebagai salah satu media penguat nilai kebangsaan dapat hidup kembali.

"Ini saya akan lakukan secara periodik  sobo (tandang), njagong sekaligus ngopi (belanja) ke pasar pasar di Kota Malang. Ini juga bagian edukasi ubah laku, bagaimana kita tetap bisa beraktifitas (ekonomi) secara maksimal di era endemi," jelas Sutiaji.

Kebiasaan dari ASN khususnya untuk kembali menggerakkan program ini sangat diharapkan. Sehingga, mampu untuk mengedukasi keluarga, hingga warga disekitarnya untuk berbelanja di pasar rakyat.

"Saya harap, ini nanti juga menjadi kebiasaan para ASN kota untuk mengajak keluarganya, membiasakan putra putrinya belanja dan beraktifitas di pasar. Dan kita berupaya menjadi habbit (kebiasaan) dan gerakan yang istiqomah," pungkas Sutiaji.

Topik
Sutiajisosialisasi pemilu 202Kota Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru