Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Penuhi Kebutuhan Dana KPU Kabupaten Malang, Dewan Segera Bahas dengan Tim Anggaran

Penulis : Riski Wijaya - Editor : A Yahya

14 - Oct - 2021, 19:39

Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang mempersiapkan anggaran yang diperlukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang. Penyediaan anggaran itu untuk pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak pada tahun 2024 mendatang. 

Meskipun masih berlangsung pada tahun 2024, menurut Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, beberapa persiapan sudah perlu untuk dilakukan. Sebab, informasi yang ia himpun, tahapan pemilu 2024 dan Pilkada Kabupaten Malang akan dimulai pada tahun 2023. 

Beberapa hal yang menurutnya perlu disiapkan adalah terkait anggaran dan gudang logistik kebutuhan Pemilu. Sebab, pada tahun 2024 nanti, selain Pemilu untuk pemilihan Presiden, selang beberapa bulan akan digelar Pilkada Kabupaten Malang. "Jadi kita harus sepakat bahwa dana cadangan harus disiapkan sejak tahun 2022 ini, dan 2023 mendatang," ujar Darmadi, Kamis (14/10/2021).

Sedangkan terkait kebutuhan Gudang KPU yang digunakan untuk menyimpan kebutuhan logistik, Darmadi menyebut bahwa pihaknya masih akan mendiskusikannya. Sebab, mengingat jarak digelarnya Pemilu dan Pilkada yang relatif dekat. 

"Selama ini kan KPU sewa. Untuk gudang logistik Pemilu dan Pilkada. Jadi karena ini ada irisan Pemilu dan Pilkada yang jaraknya tidak terlalu lama. Dan kemungkinan tidak seperti dulu, mungkin akan ditambah," terang Darmadi.

Selanjutnya, terkait hibah kegiatan KPU di luar Pemilu, Darmadi mengatakan bahwa akan segera membahas hal tersebut bersama tim anggaran. Terlebih saat membahas penganggaran tahun 2022.

Selain itu, dari audiensi yang digelar pada Kamis (14/10/2021), hal lain yang ditangkap oleh Darmadi adalah KPU Kabupaten Malang berharap bisa memiliki aset kantor. Sebab, selama ini, bangunan yang digunakan sebagai Kantor KPU Kabupaten Malang merupakan aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. 


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

A Yahya