Lidah Buaya, Obat Alami Atasi Gangguan Lambung

Oct 14, 2021 19:36
Lidah buaya yang tumbuh di halaman rumah Indah / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Lidah buaya yang tumbuh di halaman rumah Indah / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

JATIMTIMES - Sudah banyak yang membuktikan, lidah buaya merupakan obat alami alternatif buat mengatasi lambung atau gangguan pencernaan. Selain itu lidah buaya juga bagus digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. 

"Biasanya saya kupas kulitnya, lalu saya sendok sedikit demi sedikit untuk saya telan," kata Indah, Kamis (14/10/2021). 

Indah yang oleh dokter dinyatakan menderita sakit maag merasa selama ini penyakitnya sering kambuh. Namun, setelah mempraktekkan resep lidah buaya dari temannya kini sudah lebih baik dari sebelumnya. 

"Tidak tergantung lagi dengan obat. Jika terasa kurang nyaman saya tinggal memetik di pekarangan," ujarnya sambil menunjukkan halaman rumahnya yang banyak ditanami lidah buaya. 

Dari referensi jurnal kesehatan, maag sendiri bukanlah sebuah penyakit. Namun gejala yang merujuk kepada penyakit yang menyerang lambung. Salah satu gejala maag yang paling umum adalah mual, perut terasa mules, perih dan kembung. Gejala ini muncul saat makan, atau ketika terlambat makan. 

Selain itu, gejala maag pun kerap kambuh saat Anda mengkonsumsi makanan pedas, makanan dan minuman mengandung kafein, makanan tinggi lemak, atau saat mengkonsumsi makanan (termasuk buah-buahan) dengan kandungan asam yang tinggi. 

Dilansir Livestrong, daging lidah buaya yang berbentuk gel merupakan salah satu bahan alami yang baik untuk membantu menyembuhkan luka. Tidak hanya di luar tubuh, khasiat lidah buaya pun bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka dalam, termasuk luka di lambung. 

Inilah salah satu alasan kenapa lidah buaya disebut-sebut sebagai obat alami sakit maag. Selain itu, lidah buaya pun mengandung elemen kunci seperti resin, aloin, tanin, aloin-emodin, polisakarida, 19 asam amino, 12 vitamin dan 20 mineral yang penting bagi kesehatan.

Dengan bantuan lidah buaya, kinerja lambung akan lebih ringan terutama saat harus memecah dan menghancurkan makanan. Sekaligus mampu menyeimbangkan kandungan asam dalam lambung. Namun, mengkonsumsi lidah buaya berlebihan juga tidak di sarankan. 

Topik
RA Kartinimanfaat Lidah Buayasosialisasi gempur rokok ilegal
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru