Lakukan Skrining Kesehatan melalui Aplikasi Mobile JKN, Cek Potensi Penyakit Sejak Dini

Oct 13, 2021 18:41
Salah satu peserta BPJS Kesehatan pemegang Kartu JKN-KIS yakni Muhammad Humaidi Sholeh. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)
Salah satu peserta BPJS Kesehatan pemegang Kartu JKN-KIS yakni Muhammad Humaidi Sholeh. (Foto: Humas BPJS Kesehatan Cabang Malang)

JATIMTIMES- Di tengah pandemi Covid-19 Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah meluncurkan aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Aplikasi Mobile JKN memuat beberapa fitur salah satunya fitur Pelayanan Skrining Riwayat Kesehatan. 

Dengan memanfaatkan fitur skrining kesehatan tersebut, peserta BPJS Kesehatan dapat melakukan pengecekan kesehatan dan keluhan pada tubuh untuk mengetahui potensi penyakit sejak dini. 

Salah satu peserta BPJS Kesehatan yang memanfaatkan fitur Pelayanan Skrining Riwayat Kesehatan pada Mobile JKN yakni Muhammad Humaidi Sholeh (33). Pria yang akrab disapa Medi ini mengatakan, dirinya memanfaatkan fitur tersebut untuk mengetahui risiko penyakit yang ada pada dalam tubuhnya. 

Pada saat menggunakan fitur tersebut, Medi mengaku diarahkan untuk mengisi 47 pertanyaan. Mulai dari riwayat penyakit yang dimiliki, pola makan, pola hidup, serta beberapa pertanyaan tentang kebiasaan dan aktivitas sehari-hari.

"Berdasarkan pengisian pertanyaan ini, saya dapat mengetahui potensi penyakit apa yang ada pada diri saya dengan lebih mudah,” ungkap Medi dalam keterangan yang diterima JatimTIMES.com, Rabu (13/10/2021).

Setelah mendapatkan hasil dari Pelayanan Skrining Riwayat Kesehatan tersebut, Medi memanfaatkannya sebagai upaya pencegahan untuk menghindari potensi-potensi penyakit yang akan diderita 

"Dari hasil pertanyaan-pertanyaan skrining riwayat kesehatan tadi, saya jadikan sebagai bahan pengingat saya agar berjaga-jaga untuk menghindari beberapa penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan juga risiko penyakit jantung," tutur Medi. 

Pihaknya pun merasa terbantu dengan adanya fitur Pelayanan Skrining Riwayat Kesehatan pada Mobile JKN. Menurutnya saat ini banyak orang takut memeriksakan dirinya untuk menghindari stres ketika terdapat hasil kesehatan yang kurang baik. 

"Tapi menurut saya, cek kesehatan secara rutin merupakan ikhtiar untuk dapat hidup lebih baik ke depannya," kata Medi. 

Terakhir, Medi berharap para peserta BPJS Kesehatan dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di Mobile JKN. Karena dengan memanfaatkan layanan pada fitur-fitur tersebut, peserta BPJS Kesehatan akan semakin mudah mengakses layanan kesehatan. 

"Pada hasil skrining juga di beri anjuran sebagai rekomendasi pola hidup sehat yang sebaiknya saya lakukan sehingga bisa meminimalisir risiko-risiko penyakit tadi," pungkas Medi.

Topik
BPJS Kesehatanaplikasi mobile jknkematian ibu dan anak kota kediri
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru