Fasilitasi Pelaku UMKM, Diskominfo Perkuat Branding dan Gelar Pameran Virtual

Oct 13, 2021 11:33
Pameran produk-produk UMKM Kota Malang. (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Pameran produk-produk UMKM Kota Malang. (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Beragam produk yang dihasilkan pengusaha lokal terus dikenalkan lebih meluas dengan berbasis online.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang dalam hal ini memberikan ruang bagi pelaku usaha untuk mendapatkan pelatihan lebih dalam membranding produk. Sehingga, para pelaku usaha memiliki inovasi dalam pemasaran produknya.

"Kita di Kominfo menjembatani dan memberikan ruang kepada pelaku UMKM. Di tahun pertama kemarin kita melakukan semacam pelatihan, branding gimana mengemas yang bagus dalam bentuk virtual," ujar Kepala Diskominfo Kota Malang, M Nur Widianto.

Dalam waktu dekat ini, untuk terus bisa mengenalkan produk UMKM secara lebih meluas, Diskominfo Kota Malang bakal menggelar pameran virtual Expo UMKM. Dimana, dalam hal ini juga berkoordinasi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang untuk pelaku UMKM yang akan ditampilkan.

"Ini tahun ke dua akan kita lakukan pameran virtual bagi produk-produk UMKM. Insya Allah akan kita laksanakan di bulan November pertengahan. Kami juga berkoordinasi dengan perangkat daerah pengampu berkaitan dengan UMKM ini, yaitu Kopindag (Diskopindag Kota Malang). Kita minta UMKM yang siap," jelas pria yang akrab disapa Wiwid ini.

Terkait teknisnya, dikatakan Wiwid, saat ini masih dalam rancang teknis. Nanti, pameran virtual tersebut akan digelar selama 1 pekan penuh dan melibatkan kurang lebih sebanyak 25 UMKM di Kota Malang.

"Ada stan-stan yang kita desain, nanti menyesuaikan, dan akan ada interaksi. Nanti, format virtual itu tidak hanya pameran, tapi juga semacam coaching klinik. Kita siapkan untuk bisa dilihat dan seolah nanti diajak ke area pameran itu," katanya.

Dengan pameran virtual tersebut, jika memang banyak yang merespon, akan dilangsungkan rutin. Sehingga, diharapkan pameran ini juga sebagai upaya memberikan stimulus lebih kepada pelaku UMKM dalam pemasaran produk khususnya, terlebih masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Harapan kami ini kalau virtual expo, jika respon baik, akan kita kuatkan. Dengan Kopindag kita akan berbicara secara teknis. Kami juga ingin memberikan stimulus," pungkasnya.

Topik
UMKMKota MalangDiskominfo Kota MalangBerita MalangBerita JatimPertumbuhan Ekonomi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru