Selecta: Dulu dan Kini (4)

Manisnya Saham Selecta, Pemdes Tulungrejo Reguk Rp 400 Juta/Tahun

Oct 13, 2021 10:20
Salah satu wahana sky bike di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu wahana sky bike di Taman Rekreasi Selecta. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Kontribusi pendapatan Taman Rekreasi Selecta juga dinikmati Pemerintah Desa (Pemdes) Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Hingga awal sampai saat ini Pemerintah Desa Tulungrejo mendapat keuntungan lewat kepemilikan 20 lembar saham PT Taman Rekreasi Selecta.
Dari 20 lembar saham tersebut, Pemdes Tulungrejo mendapatkan pendapatan hingga Rp 400 juta dalam setahun. Hasil dari saham itu setiap tahunnya masuk pada Pendapatan Asli Desa (PAD). 
Pendapatan Rp 400 juta per tahun tersebut, menurut Kepala Desa Tulungrejo Suliyono, tak hanya dari kepemilikan saham saja. Tapi, juga dari pendapatan tiket masuk pengunjung ke Taman Rekreasi Selecta. 
“Disamping desa mendapat dividen, juga dapat sekian rupiah dari karcis yang terjual. Jadi, bukan berapa persen tapi sekian berapa ratus rupiah,” ucap Suliyono saat ditemui di kantornya.
Terkait kepemilikan saham, Suliyono menyampaikan, pemdes memiliki kontribusi dalam mendirikan kembali Selecta saat itu.
“Selain 47 tokoh pendiri Selecta, desa ikut andil karena sebagai inisiasi. Sehingga kami (pemdes) mendapatkan bagian lewat lembar saham,” ujar Suliyono.
Sama seperti pemegang saham lainnya, pemdes juga turut hadir dalam pembagian laba untuk pemegang saham berdasarkan saham yang dimiliki atau dividen setiap tahunnya.
Dividen dan tiket masuk yang jadi PAD Tulungrejo telah sangat membantu keuangan desa sebelum adanya Dana Desa yang digulirkan pemerintah pusat. 
"Sangat terbantu dengan adanya PAD Selecta. Meskipun saat itu dividen yang diterima belum tinggi hingga akhirnya Kota Batu menjadi tempat wisata," pungkas Suliyono (Bersambung).

Topik
Taman Rekreasi SelectaSelectaSelecta Batutempat wisata favorit
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru