Tingkatkan Daya Saing Kerja, Fakultas Peternakan Unikama Gelar Uji Kompetensi bagi Alumni

Oct 12, 2021 18:59
Salah satu alumni Fakultas Peternakan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang saat melakukan proses uji kompetensi sertifikasi profesi. (Foto: Humas Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Salah satu alumni Fakultas Peternakan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang saat melakukan proses uji kompetensi sertifikasi profesi. (Foto: Humas Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)

JATIMTIMES - Dalam rangka meningkatkan kompetensi agar dapat bersaing dalam dunia kerja, Fakultas Peternakan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menggelar uji kompetensi sertifikasi profesi bagi para alumni. 

Untuk pelaksanaan uji kompetensi sertifikasi profesi bagi alumni tersebut, Fakultas Peternakan Unikama bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi-Peternakan Indonesia. 

Dekan Fakultas Peternakan Unikama Dr Ir Aju Tjatur Nugroho K MP IPM mengatakan, terkait uji kompetensi ini merupakan serangkaian kegiatan yang berkelanjutan dari perolehan hibah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI. 

"Sasaran dari hibah ini yaitu ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) terkait dengan aspek menyiapkan lulusan tangguh menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan teknologi," ungkap Tjatur dalam keterangan resmi yang diterima JatimTIMES.com, Selasa (12/10/2021). 

Dengan adanya uji kompetensi bagi para alumni Fakultas Peternakan Unikama, pihaknya berharap agar lulusan Fakultas Peternakan Unikama dapat meningkatkan kompetensi sesuai dengan perkembangan saat ini. 

Lebih lanjut, kegiatan ini diawali dengan rangkaian pelaksanaan kuliah tamu, workshop atau pelatihan-pelatihan di bidang peternakan. 

Dalam pelaksanaan kegiatan, Fakultas Peternakan Unikama bekerja sama dengan pihak eksternal dari akademisi, instansi pemerintah maupun swasta, serta dari pihak Dunia Usaha maupun Dunia Industri (DUDI).

Para peserta uji kompetensi yang digelar oleh Fakultas Peternakan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama).

Untuk juri, Fakultas Peternakan Unikama mendatangkan dua asesor yang sudah berpengalaman. Yakni Dr Ir Sunarti MP dan Yudi Rustandi MSi. Di mana kedua asesor ini akan memberikan nilai untuk serangkaian uji kompetensi yang diikuti oleh 40 peserta.

"Untuk uji kompetensi lulusan ini, Fakultas Peternakan Unikama baru pertama kali menyelenggarakan dan juga pertama kalinya menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK)," ujar Tjatur. 

Sementara itu, untuk 40 peserta yang mengikuti asesmen uji kompetensi ini merupakan alumni Fakultas Peternakan Unikama tahun 2021. 

Di mana, untuk uji kompetensi 40 orang tersebut menerapkan skema budidaya ruminansia, terampil mandor farm unggas petelur, mandor farm unggas pedaging serta skema penyuluh pertanian.

Terakhir, pihaknya berharap dengan adanya uji kompetensi yang diikuti oleh 40 peserta alumni Fakultas Peternakan Unikama tersebut dapat menghasilkan rekomendasi kompetensi bagi para alumni, sebagai pertimbangan DUDI untuk melihat kompetensi lulusan Fakultas Peternakan Unikama. 

"Selain itu, secara institusional akademik, Fakultas Peternakan Unikama dapat menyelenggarakan proses pendidikan sesuai dengan standar Dikti," pungkas Tjatur.

Topik
Unikamauji kompetensiSertifikasi Profesiahmad salim
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru