110 UMKM Belajar Technopreneur, Diskopindag Kota Malang Gandeng JD.ID

Oct 12, 2021 12:19
Kepala Diskoperindag Kota Malang, M Sailendra (kiri) bersama Seniornya Media Relation Manager JD.ID Adhi Pratama (kanan) meninjau stan pameran UMKM, Selasa (12/10/2021). (Foto: Nurlayla Ratri/JatimTIMES)
Kepala Diskoperindag Kota Malang, M Sailendra (kiri) bersama Seniornya Media Relation Manager JD.ID Adhi Pratama (kanan) meninjau stan pameran UMKM, Selasa (12/10/2021). (Foto: Nurlayla Ratri/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Sebanyak 110 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) tengah belajar soal technopreneur, Selasa (12 Oktober 2021) di aula Ijen Suites Resort and Convention. Dalam kegiatan tersebut, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang menggandeng platform E-commerce JD.ID  untuk memberi wawasan terkait bisnis berbasis teknologi atau technopreneur.

Kepala Diskoperindag Kota Malang, M Sailendra mengungkapkan, secara umum di nasional baru sekitar 15 persen UMKM yang memanfaatkan platform digital. "Jadi masih jauh yang belum memakai itu. Pelan-pelan akan kami beri pendampingan (UMKM di Kota Malang) untuk memanfaatkan platform-platform itu," ujar Sailendra.

Sailendra menyebut, pelatihan ini diadakan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan bagi pelaku UMKM dalam berjejaring. "Terutama agar mereka bisa berjualan secara online melalui platform-platform e-commerce yang ada, seperti JD.ID, Tokopedia, Lazada dan lain-lain. Juga memberikan gambaran agar memanfaatkan akun medsos (media sosial) mereka lebih optimal lagi," urainya.

Mantan Sekretaris KPU Kota Malang ini menegaskan, pemahaman pemasaran atau promosi melalui platform digital sangat penting. "Dunia sekarang ini membutuhkan (promosi digital). Orang sekarang ini sudah terbiasa pakai gadget, berkomunikasi atau bertransaksi pakai gadget sehingga UMKM mau tidak mau harus mempelajari ini dan menerapkannya," tegas Sailendra.

Sementara itu, Senior Media Relations Manager JD.ID, Adhi Pratama mengungkapkan bahwa kegiatan itu merupakan rangkaian dari pelatihan di beberapa kota di Indonesia seperti Serang, Bogor, Malang, Surabaya, dan Yogyakarta. "Kami membantu UMKM untuk memanfaatkan strategi marketing di market place," ujar Adhi.

Dalam kesempatan tersebut, lanjut Adhi, pihaknya memberikan pelatihan terkait packaging (kemasan), pengiriman dari seller, edukasi soal COD (cash on delivery) dan lain-lain. "Banyak seller (penjual) yang sudah punya produk, tetapi mereka belum memahami proses logistik," terangnya.

Selain itu, Adhi menekankan pentingnya strategi marketing online bagi pelaku UMKM. "Dengan pelatihan seperti ini diharapkan akan memberikan teman-teman UMKM mendapatkan manfaat, khususnya yang terdampak pandemi," pungkasnya.

Topik
Diskoperindag Kota MalangTechnopreneurGelar Pelatihan Technopreneur Bagi Wirausaha PemulaTechnopreneur
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru