Mudahkan Proses Izin, Disnaker-PMPTSP Kota Malang Terapkan Tanda Tangan Elektronik Kadis

Oct 11, 2021 18:39
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Ekonomi Pariwisata dan Sosial Budaya Disnaker-PMPTSP Kota Malang Minto Rahardjo. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Ekonomi Pariwisata dan Sosial Budaya Disnaker-PMPTSP Kota Malang Minto Rahardjo. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES- Dalam waktu dekat, Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang bakal menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) kepala dinas untuk seluruh berkas keputusan. 

Kepala Bidang Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan Ekonomi Pariwisata dan Sosial Budaya Disnaker-PMPTSP Kota Malang Minto Rahardjo mengatakan, dengan penerapan TTE dapat mempersingkat waktu terkait proses pengajuan yang membutuhkan tandatangan kepala dinas. 

"Jadi nanti izin-izin itu tidak perlu lagi Pak Kadis bertanda tangan secara basah, dan kita bisa memberikan layanan keliling," ungkap Minto kepada JatimTIMES.com. 

Untuk proses izin yang saat ini juga dapat diakses menggunakan izol.malangkota.go.id , nantinya dalam penerapan TTE akan berada di tahap terakhir. Dengan sistem yang berjenjang mulai dari pendaftaran, memasukkan persyaratan lengkap, diproses dan diverifikasi oleh kepala seksi, kemudian kepala bidang. 

"Terakhir Kepala Dinas klik oke terbit tandatangan elektronik, jadi memang dipercepat," ujar Minto. 

Saat ini pihaknya sedang menunggu persetujuan dari persyaratan-persyaratan yang telah diajukan kepada BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) untuk proses penerapan TTE di Disnaker-PMPTSP Kota Malang yang hanya diterapkan bagi tandatangan kepala dinas. 

"Ini proses mulai, dari bidang data informasi sudah siap, tinggal nanti implementasinya, kita tunggu, pimpinan setuju oke, langsung kita jalan, Insya allah 2021 sudah bisa jalan," tutur Minto. 

Lebih lanjut, dengan diterapkannya TTE kepala dinas nantinya proses perizinan akan semakin cepat, mudah dan praktis. Karena setelah melakukan proses perizinan melalui izol.malangkota.go.id , masyarakat dapat mencetak sendiri hasil verifikasi perizinannya. 

"Jadi percepatan berusaha yang diharapkan pemerintah itu di daerah ada inovasi-inovasi yang dilakukan untuk mendorong pemerintah dalam percepatan berusaha itu," terang Minto. 

Maka dari itu, melalui Minto Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Erik Setyo Santoso juga berpesan terkait komitmen untuk segera merealisasikan sistem TTE dalam waktu dekat ini. "Makanya Kepala Dinas Pak Erik itu berkomitmen mendorong TTE ini agar segera dilakukan," pungkas Minto.

Topik
Disnaker Kota MalangTanda Tangan Elektronikhenri togar hasiholan tambunan
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru